Ratusan Juta Peziarah Nyaris Bugil di Festival Sungai Gangga

Selasa, 15 Januari 2013 - 14:15 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Festival Maha Kumba Mela, India (Foto: News)

Ratusan Juta Peziarah Nyaris Bugil di Festival Sungai Gangga
SEKIRA 100 juta orang memadati Kota Sangam di India. Mereka datang untuk merayakan festival terbesar di dunia, Festival Kumba Mela.

Ratusan juta peziarah Hindu berkumpul di tepi Sungai Gangga. Peziarah yang datang nyaris bugil ini berkumpul untuk merayakan Festival Kumba Mela, yang hanya diadakan sekali dalam 12 tahun.

Festival Maha Kumba Mela dipercaya menjadi perayaan religius terbesar di dunia karena mampu mengumpulkan orang terbanyak di dunia dalam satu waktu .Festival ini diadakan di Sangam, tepi Sungai Gangga yang dianggap suci oleh umat Hindu.

Tradisi ziarahnya meliputi empat lokasi, yakni Allahabad (Prayag), Haridwar, Ujjain, dan Nashik. Festival ini digelar selama 55 hari, dan resmi dimulai pada Senin, 14 Januari 2013. Para peziarah berbondong-bondong mandi dan menyucikan diri di Sungai Gangga selama festival berlangsung.

Sayangnya, kualitas air sungai yang buruk sedikit mengganggu jalannya festival. "Airnya kotor dan bau sekali. Setelah ini saya harus mandi lagi di rumah," kata Monica Vaish, salah seorang peziarah, seperti dikutip BBC, Selasa (15/1/2013).

Meski begitu, jutaan peziarah lain masih setia mencuci wajah dan tubuhnya di Sungai Gangga yang kotor tersebut. Bagi mereka, sungai tersebut sakral dan penuh berkah meski telah tercemar. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 18:00 WIB

      Parade Sambut Presiden, Simbol Pemersatu Bangsa

      WARGA Jakarta larut dalam parade budaya di Bundaran HI saat menyambut Presiden Jokowi. Parade ini dianggap sebagai simbol pemersatu bangsa.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 17:05 WIB

      Pengalaman Miss Earth di Thailand

      Thailand merupakan wisata Asia Tenggara. Miss Earth Margenie Winarti menceritakan pengalaman menjelajah wisata di negeri Gajah Putih.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 16:03 WIB

      Thailand, Negeri Penuh Histori

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara memiliki wisata histori. Hal tersebut diceritakan Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 15:00 WIB

      Ke Thailand, Sambangi Sukhothai

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang harus dikunjungi ketika berwisata. Salah satu tak boleh dilewatkan adalah Sukhothai.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:19 WIB

      Lepas Lampion, Warga Jakarta Kecewa

      Ada yang kurang memuaskan dari acara syukuran rakyat di Monas. Pelepasan lampion yang dinanti tidak berjalan seperti diharapkan.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:02 WIB

      Miss Earth Air 2014 Betah di Thailand

      Asia dikenal ramah tamahnya, termasuk Thailand. Hal ini diakui Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti. Baginya merasa betah ada di Thailand

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 12:00 WIB

      "Pesta Rakyat Kok Sisakan Sampah"

      Syukuran rakyat Salam Tiga Jari telah usai digelar di Monas, tapi meski usai Monas menyisakan banyak sekali sampah bekas makanan.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 11:36 WIB

      Pesta Rakyat, Monas Tampil Beda

      Monumen Nasional berbeda dari biasanya saat syukuran rakyat. Monas yang biasa tampil polos, kini dihias beberapa simbol bertema Indonesia.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 11:00 WIB

      Monas Disulap Jadi Tempat Hiburan

      Monas disulap menjadi tempat hiburan bagi rakyat Indonesia. Terutama bagi orang-orang yang hadir pada malam Syukuran Rakyat.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 10:39 WIB

      Edukasi Anak lewat Pesta Rakyat Jokowi

      Acara syukuran rakyat digelar di Monas. Banyak warga datang bersama keluarga. Ajang ini dijadikan buat edukasi anak soal budaya Indonesia

    Baca Juga

    Parade Sambut Presiden, Simbol Pemersatu Bangsa