Ratusan Juta Peziarah Nyaris Bugil di Festival Sungai Gangga

|

Mutya Hanifah - Okezone

Festival Maha Kumba Mela, India (Foto: News)

Ratusan Juta Peziarah Nyaris Bugil di Festival Sungai Gangga
SEKIRA 100 juta orang memadati Kota Sangam di India. Mereka datang untuk merayakan festival terbesar di dunia, Festival Kumba Mela.

Ratusan juta peziarah Hindu berkumpul di tepi Sungai Gangga. Peziarah yang datang nyaris bugil ini berkumpul untuk merayakan Festival Kumba Mela, yang hanya diadakan sekali dalam 12 tahun.

Festival Maha Kumba Mela dipercaya menjadi perayaan religius terbesar di dunia karena mampu mengumpulkan orang terbanyak di dunia dalam satu waktu .Festival ini diadakan di Sangam, tepi Sungai Gangga yang dianggap suci oleh umat Hindu.

Tradisi ziarahnya meliputi empat lokasi, yakni Allahabad (Prayag), Haridwar, Ujjain, dan Nashik. Festival ini digelar selama 55 hari, dan resmi dimulai pada Senin, 14 Januari 2013. Para peziarah berbondong-bondong mandi dan menyucikan diri di Sungai Gangga selama festival berlangsung.

Sayangnya, kualitas air sungai yang buruk sedikit mengganggu jalannya festival. "Airnya kotor dan bau sekali. Setelah ini saya harus mandi lagi di rumah," kata Monica Vaish, salah seorang peziarah, seperti dikutip BBC, Selasa (15/1/2013).

Meski begitu, jutaan peziarah lain masih setia mencuci wajah dan tubuhnya di Sungai Gangga yang kotor tersebut. Bagi mereka, sungai tersebut sakral dan penuh berkah meski telah tercemar.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Irfan Hakim Fokus Liburan Bareng Keluarga