Operasi Lutut, Tubuh Jadi Lebih Gemuk?

|

Niken Anggun Nurani - Okezone

Usai operasi lutut (Foto: Healthmeup)

Operasi Lutut, Tubuh Jadi Lebih Gemuk?
CEDERA lutut bisa diderita oleh siapa saja. Penyembuhan berupa operasi lutut merupakan salah satu cara agar lutut yang cedera dapat segera pulih. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan operasi lutut justru cenderung memiliki kelebihan berat badan pasca-operasi.

Menurut penelitian Virginia Commonwealth University yang dilakukan oleh Riddle Daniel, PhD dan timnya mengkaji catatan medis dari sekira 1.000 pasien yang memiliki operasi lutut. Mereka menemukan bahwa 30 persen dari mereka, telah mendapatkan 5 persen atau lebih dari berat badan mereka dalam lima tahun setelah operasi, demikian yang dilansir Everydayhealth.

"Bagian dari penjelasannya adalah orang mungkin telah menghabiskan bertahun-tahun beradaptasi dengan keadaan mereka dengan menghindari kegiatan yang bisa menyebabkan nyeri lutut," ujar Dr Riddle.

Pasien kelebihan berat badan sering didorong untuk menurunkan berat badan sebelum operasi untuk membantu mereka pulih lebih cepat dan menghindari komplikasi operasi, tetapi penelitian menemukan bahwa kehilangan berat badan sebelum operasi merupakan faktor risiko untuk mendapatkan berat badan setelah prosedur.

Para peneliti menemukan bahwa pasien yang lebih muda justru kehilangan lebih banyak berat badan dalam jangka waktu lima tahun pra-operasi, serta berisiko lebih besar terhadap kegemukan badan pasca-bedah.

Penelitian ini menyarankan agar pihak medis dapat memberikan solusi bagi mereka yang menjalani operasi agar tetap dapat beraktivitas fisik tanpa perlu takut cedera. Misalnya dengan melakukan jalan santai, berenang, atau bersepeda untuk menjaga dari kelebihan berat badan. (ind)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kebiasaan Mengompol Bisa Diobati