Jenis-Jenis Beras Wajib Anda Tahu

|

Genie - Genie

Jenis-Jenis Beras Wajib Anda Tahu
BERAS merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, untuk kemudian diolah menjadi nasi. Namun, jika menemukan beras berkualitas kurang baik, maka yang terjadi nasi akan pera atau keras saat dikonsumsi.
 
Nah, agar lebih paham tentang beras, ada baiknya ketahui beberapa jenis beras yang beredar di Indonesia, sebagai berikut:
 
Pandan wangi
 
Ciri khasnya adalah aromanya yang wangi pandan, bentuk biji beras tidak panjang, tetapi cenderung bulat. Jika terdapat beras dengan biji yang panjang, tetapi wangi, maka dapat dipastikan beras itu telah dicampur dengan pewangi kimia. Selain bulat, beras pandan wangi juga berwarna sedikit kekuningan, tidak putih, tapi bening.
 
Sentra Ramos
 
Beras satu ini paling banyak beredar di pasaran karena harganya sangat terjangkau dan relatif cocok dengan selera masyarakat perkotaan. Normalnya, beras jenis ini pulen jika dimasak menjadi nasi. Namun, setelah berumur terlalu lama (lebih dari 3 bulan), beras ini menjadi sedikit pera dan mudah basi ketika menjadi nasi. Beras ini memiliki ciri fisik agak panjang atau lonjong dan tidak bulat. Tidak mengeluarkan aroma wangi seperti pandan wangi.
 
Seringkali pabrik atau pedagang beras menambahkan zat kimia pemutih, pelicin, dan pewangi pada beras ini. Jadi, berhati-hatilah jika menemukan beras berbentuk lonjong dan mengeluarkan aroma wangi karena bisa jadi beras tersebut telah ditambahkan pewangi kimia.
 
Rojolele
 
Biji beras cenderung bulat, memiliki sedikit bagian yang berwarna putih susu, dan tidak wangi seperti pandan wangi. Nama rojolele adalah sebutan dari daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Namun, untuk daerah di Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya, terkadang beras ini disebut beras Muncul.
 
Beras C4
 
Ciri fisiknya mirip beras IR 42; sedikit lebih bulat tapi lebih kecil bentuknya. Beras ini memang masih minim ditemukan di pasaran karena jarang sekali ditanam oleh para petani.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mi Instan Andalan Hedi Yunus saat Ngekos