Empat Hari Batas Maksimal Simpan Daging

Kamis, 24 Januari 2013 - 22:20 wib | Johan Sompotan - Okezone

Menyimpan daging sebaiknya jangan terlalu lama karena daging tak enak dimakan (Foto:chicken.org.au)

Empat Hari Batas Maksimal Simpan Daging
PENYIMPANAN yang baik pada daging akan memperpanjang usia daging yang dimiliki. Ketika disimpan dengan baik maka rasa daging saat dimakan akan tetap segar.

Berikut ini lima langkah yang bisa membantu Anda menyimpan daging dengan benar agar mendapatkan kesegaran daging yang optimal, seperti dilansir Ehow, Kamis (24/1/2013):

Beli daging segar
Semakin segar daging yang dibeli maka akan terasa lama usia daging saat disimpan, periksa daging pada label yang tertera di kemasan sehingga diketahui kadaluwarsa daging. Jika beli di pasar, jangan ragu untuk mencium dan merasakan dagingnya sebab kadangkala banyak penjual daging yang menipu Anda.

Masak daging

Seusai membeli daging, bisa saja menyimpan daging dengan waktu lama. Namun, Anda harus bersiap-siap ketika menyantap daging akan terasa tidak enak meski secara sekilas daging masih terlihat segar padahal juicy dari daging sudah mengering.

Meski bisa disimpan di dalam freezer hingga berminggu-minggu atau bertahun-tahun tapi tetap saja daging sudah tidak enak dimakan. Penyimpanan daging cukup dua hingga empat hari saja. Untuk mendapatkan kesegaran daging, maka cukup simpan daging sapi panggang satu hingga dua hari, untuk steak hanya bisa tiga hari, daging rebus cukup dua hari saja, sementara unggas bisa bertahan hingga tiga hari.

Bungkus dalam kantong plastik
Daging yang belum sempat dimasak, bisa ditaruh di dalam kulkas dengan cara daging dibungkus dalam plastik bening. Pastikan tidak ada udara yang masuk karena akan membakar daging serta menyerap juicy yang ada di daging dengan cepat. Kalau sudah, segel plastik dengan selotip.

Jangan campur dengan bahan makanan lain
Daging bisa disimpan di dalam freezer, tapi jangan satukan daging dengan bahan makanan lainnya dan jangan lupa bersihkan dahulu tempat freezer Anda. Jika daging tidak disatukan dengan yang lain maka usia daging bisa bertahan lebih lama. (ahm) (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Di Kanada, Wine dari Tomat