Berdarah Selepas Bersanggama? Atasi dengan Langkah Berikut

|

Niken Anggun Nurani - Okezone

Atasi pendarahan (Foto: Google)

Berdarah Selepas Bersanggama? Atasi dengan Langkah Berikut
PERDARAHAN usai bercinta memang dapat dialami siapa saja. Mengetahui penyebab utamanya adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengobatan, sehingga perdarahan yang terjadi dapat dihentikan.
 
Perdarahan setelah berhubungan seks, juga disebut post-coital bleeding. Hal ini merupakan gejala dari sejumlah kondisi ginekologi dan selalu harus dievaluasi oleh dokter. Masalah dengan leher rahim adalah salah satu kondisi yang lebih umum yang menyebabkan perdarahan setelah berhubungan seks, terutama seks yang melibatkan penetrasi dalam. Serviks displasia, polip serviks dan servisitis adalah penyebab utama. Kondisi ini sebagian besar tidak membahayakan, namun jika dibiarkan bisa jadi memicu gejala pra-kanker atau kanker, demikian yang dilansir Livestrong.

Kondisi tersebut dapat diatasi oleh seorang ginekolog. Kasus ringan dapat hilang dengan sendirinya di bawah pengawasan dokter, tapi untuk kasus yang parah mungkin memerlukan prosedur bedah minor. Electrocauterization, cryosurgery atau bedah laser digunakan untuk menghilangkan sel-sel abnormal atau polip dari permukaan serviks.
 
Antibiotik sering diberikan untuk mencegah infeksi atau untuk mengobati infeksi penyerta yang berkontribusi terhadap kondisi tersebut. Selama pengobatan untuk kondisi ini, Anda harus menjauhkan diri dari seks sampai dinyatakan aman oleh dokter Anda. Setelah serviks sembuh, Anda bisa melakukan hubungan seks kembali, asal tidak lagi mengalami perdarahan. (ind)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kanker Ganas Ria Irawan Bisa Disembuhkan, Asal?