8 Tempat Asyik Jelajahi Kuliner Bogor (II-Habis)

|

Dewi Yanti - Okezone

Nasi Uduk (Foto:Inforesep)

8 Tempat Asyik Jelajahi Kuliner Bogor (II-Habis)
BERAGAM kuliner asyik bisa Anda temui di Bogor, Jawa Barat. Dengan suasana alam yang sejuk, tak ayal jika beberapa kuliner khasnya memang sengaja dibuat untuk menghangatkan badan.

Yuk, lihat tempat makan mana saja yang patut Anda kunjungi saat datang ke Kota Hujan ini, seperti diulas Kelanarasa Culinary Solutions:

Asinan Sedap Gedong Dalam
Jl. Siliwangi 27C

Makanan paling terkenal dan paling mudah dijumpai di sudut kota Bogor adalah asinan. Makanan ini terdiri dari dua jenis, yaitu isi buah-buahan mengkal, seperti pepaya, mangga, nanas, bengkoang, lobi-lobi, kedondong, dan lain-lain. Pilihan kedua berupa asinan yang terdiri dari aneka sayur segar. Kedua asinan ini menggunakan kuah asam segar yang sama dengan warna merah yang memikat.

Taburan kacang tanah goreng, sambal rawit hijau, dan kerupuk mi membuat asinan ini makin asyik. Mau coba yang paling enak? Coba di Asinan Sedap Gedong Dalam, ada beberapa cabang yang buka di Bogor. Buka dari pagi hingga malam.

Nasi Uduk dan Bansus Bondongan
Jl. Pahlawan Empang

Makan di warung ini memang bisa bikin kalap, aneka lauk terhidang di meja besar untuk menemani nasi uduk yang dibungkus daun pisang dalam bentuk congcot. Biasanya, pelanggan mengambil sendiri lauknya. Dari jengkol pedas, aneka sate, seperti telur puyuh, usu, ati ampela, sampai bihun goreng dan sambel goreng kentang yang diporsi kecil-kecil dalam daun pisang, semuanya melenakan hati. Gorengan parunya juga gurih dan menjadi favorit pelanggang di sini.

Menemani makan Anda kala Bogor cuacanya cukup sejuk, cobalah bansus alias bandrek susu. Minuman ini termasuk favorit di rumah makan ini. Dengan suasana asyik dan nuansa kekeluargaan, tak heran pelanggan warung sederhana ini datang silih berganti.

Toge Goreng Ma Evon
Jl. Maulanan Yusuf 21

Masih dengan makanan yang sedap dan khas Bogor, ada juga Toge Goreng. Makanan ini sebenarnya tidak digoreng, tetapi disiram dengan air panas di wajan ceper. Banyak juga yang menyebut Toge Asap atau Geco (Toge Tauco).

Salah satu yang asyik Anda coba adalah buatan Ma Evon. Ma Evon, yang sudah cukup berumur, menjajakan Toge Gorengnya dibantu oleh putri-putrinya di salah satu sudut jalan, dekat pool bus, di dekat Gg Aut, Jalan Maulana Yusuf. Buka dari pagi hingga sore hari.

Toge goreng Ma Evon terbilang unik, dimasak menggunakan kayu bakar sehingga aromanya sangat sedap. Toge yang sudah diseduh kemudian dicampur mi dan ketupat. Selanjutnya disiram dua macam bumbu berbahan oncom ditambah potongan tahu. Kalau mau dibawa pulang, bungkusnya pun unik, menggunakan daun papat yang ditata bersilang dan diikat dengan tali bambu.

Ronde Bu Neneng
Jl. Suryakencana, perempatan Gang Aut cabang Jl. Pajajaran

Bogor dijuluki Kota Hujan karena hawanya dingin dan sejuk. Paling asyik memang mencari minuman penghangat badan pada saat sore atau malam hari, apalagi jika Bogor sedang turun hujan.

Salah satu yang mampu menghangatkan tubuh dan rasanya juga nikmat adalah ronde. Penganan ini disebut pula onde-onde ketan, yaitu bulatan-bulatan ketan berisi kacang remuk disajikan dengan kuah jahe yang hangat. Anda bisa memilih pemanis sesuai selera, ada gula merah, gula putih atau bisa pula mencampur keduanya.

Selain ronde, yang sedap disantap di Ronde Bu Neneng yaitu bubur jali, bubur kacang hijau, ketan hitam, dan sagu rangi ubi yang sangat legit dengan kuah santan yang gurih. Warung ini buka dari sore hingga malam. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pengalaman Buruk Regina 'Idol' Santap Makanan