Sebabkan Pembekuan Darah, Obat Jerawat Ini Ditarik dari Peredaran

|

Niken Anggun Nurani - Okezone

Gunakan obat jerawat (Foto: Google)

Sebabkan Pembekuan Darah, Obat Jerawat Ini Ditarik dari Peredaran
SALAH satu obat jerawat yang populer di Prancis akan ditarik dari peredaran karena disalahgunakan menjadi pil kontrasepsi. Obat yang beredar di 135 negara ini akan segera ditarik sebagai tindakan pengamanan.
 
Diane 35 adalah nama obat jerawat yang dibuat oleh perusahaan Jerman, Bayer dan berlisensi di 135 negara. Obat ini ternyata biasa digunakan sebagai pil kontrasepsi dan telah menyebabkan empat kematian, demikian yang dilansir Health24.
 
Obat ini memang diperuntukan bagi mereka yang mengalami gangguan jerawat. Namun, dokter setempat menetapkan bahwa obat ini juga dapat menjadi pil kontrasepsi karena menghentikan ovulasi. Obat yang mulai dijual sejak 1987 di Prancis ini telah dikaitkan dengan empat kematian yang disebabkan pembekuan darah.
 
Badan Nasional untuk Keselamatan Obat dan Produk Kesehatan setempat mengatakan adanya risiko tromboemboli vena (pembekuan darah di pembuluh darah) adalah empat kali lebih besar pada mereka yang mengonsumsi obat ini. Para ahli menyarankan untuk menghentikan penggunaan obat yang sudah digunakan oleh lebih dari 3.000 wanita di Prancis ini atau melakukan konsultasi di bawah pengawasan dokter jika ingin menggunakan obat ini. (ind)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Lebih Baik Pilih Menteri Kesehatan yang Muda"