Es Mangga, Favorit di Kota Hujan

Sabtu, 2 Februari 2013 - 16:10 wib | Dewi Yanti - Okezone

Es Mangga (Foto:Dewi/Okezone)

Es Mangga, Favorit di Kota Hujan
MANISAN mangga yang biasa kita santap terbuat dari irisan atau potongan mangga muda. Kalau Es Mangga terbuat dari mangga muda pula, hanya saja mangga diserut tipis. Diberi air gula dan es batu.

Meskipun kota Bogor dikenal sebagai Kota Hujan dengan cuaca cukup dingin, namun Es Mangga menjadi favorit di kota ini. Rasanya asam, manis dan segar di tenggorakan sangat digemari khususnya jika siang hari dirasa terik bagi penduduk Bogor. Rasa asamnya pun tidak terlalu asam, jadi lumayan ramah di perut.

Yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi yaitu milik Pak Aming dengan menggunakan mangga indramayu. Meskipun mangganya masih muda, namun warnanya sudah mulai menguning. Mangga direndam air panas biar getahnya hilang dan tekstur serutan menjadi lebih lembut.

“Es Mangga ini berbeda dari yang lain, manisnya berasal dari gula muurni bukan biang serta tanpa pewarna,” ujar Supriyatno dari Kelanarasa yang ikut menjagokan kuliner khas nusantara ini.

Harga pergelas cukup murah, hanya Rp 5000, dijajakan menggunakan gerobak di sekitar Jalan Suryakencana. Selain Es Mangga yang dijual Pak Aming, ada pula yang tak kalah segarnya yaitu Es Pala. Gerobak Pak Aming buka dari pagi hingga sore hari. (uky) (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Santap Makanan, Armand Maulana Anti Pakai Garam