Sambal Gorontalo, Pedasnya 'Galak'!

|

Johan Sompotan - Okezone

Sambal Gorontalo (Foto:Johan Sompotan)

Sambal Gorontalo, Pedasnya 'Galak'!
BAGI Anda penyuka sambal, ada baiknya merasakan kenikmatan pedas sambal gorontalo. Perpaduan cabai merah, bawang merah, serta minyak kelapa menjadikannya nikmat disantap.
 
Jika berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, ada baiknya Anda bersama keluarga mampir ke rumah makan Gorontalo milik musisi Bona Paputungan. Di antara menu-menu yang Anda pesan, jangan lupa memesan sambalnya.
 
Sekilas, sambal gorontalo seperti sambal pada umumnya. Warna merah, irisan bawang merah, serta minyak membuatnya terlihat sederhana dengan rasa luar biasa. Belum lagi aromanya, minyak kelapa begitu, dijamin bikin ketagihan!
 
Takaran pedasnya bisa disesuaikan dengan selera, disarankan cukup meminta yang sedang. Bona mengaku bahwa cabai yang dipakainya didatangkan langsung dari Gorontalo, yang terkenal pedas.
 
"Sambal gorontalo memiliki rasa alami, tidak ada penyedap rasa. Kami ingin konsumen yang menikmatinya bisa puas," kata Bona, ketika ditemui Okezone, belum lama ini.
 
Selain cabai merah, bawang merah, serta minyak kelapa, ternyata ada bahan lain di balik kelezatan sambal gorontalo, yakni jeruk nipis dan jeruk limau.
 
Menurut Bona, dua jenis jeruk tersebut digunakan untuk menambah aroma wangi sambal gorontalo, bukan dengan cara ditumis. "Kalau ditumis lagi, rasa aslinya tertutupi dengan suhu panasnya. Sambal ini memang memiliki rasa yang alami," tambahnya.
 
Proses pembuatannya sederhana, cabai rawit asal Gorontalo dan bawang merah dihaluskan bersama. Jika sudah halus, tambahkan air perasan jeruk limau dan jeruk nipis, lalu ulek kembali. Terakhir, tuangi minyak kelapa.
 
"Bikin sambal ini tidak usah diberi bawang putih karena aroma tajam bawang putih akan merusaknya, kekuatannya justru pada minyak kelapa," tutupnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mi Instan Andalan Hedi Yunus saat Ngekos