Bakar Lele & Belut, Tak Usah Pakai Minyak

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto:anekaresepmasakan)

Bakar Lele & Belut, Tak Usah Pakai Minyak
PERLU perlakuan berbeda ketika membakar ikan lele dan belut. Terpenting, Anda tak perlu menggunakan minyak, dan cukup diberi bumbu sebagai penambah rasa.
 
"Ikan lele dan belut memiliki kandungan minyak cukup banyak dalam tubuhnya sehingga tak perlu lagi diolesi minyak saat memanggangnya," kata Bona Paputungan, pemilik rumah makan Gorontalo, ketika ditemui di Kelapa Gading, Jakarta, belum lama ini.
 
Menurut pelantun lagu “Andai Aku Gayus Tambunan” ini, lele atau belut bakar yang diberi minyak akan menghasilkan rasa kurang sedap. Lele atau belut bakar akan pahit, hanya akan sia-sia membakarnya karena tidak nikmat disantap.
 
Ditambahkan Bona, membakar ikan lele maupun belut cukup dengan bumbu sesuai selera. "Proses memanggangnya sama seperti yang lain, tapi karena ikan lele dan belut sudah ada kandungan minyak, saat dibakar tak akan menempel di panggangan," jelasnya.
 
Diakuinya, masih banyak orang memanggang kedua bahan tersebut dengan mentega, sebagai pengganti minyak. Buatnya, cara tersebut tidak akan sia-sia.
 
"Mentega kan mengandung minyak, dan akan mencair ketika kena panas, jadi buat apa diberi mentega? Bukan menambah wangi, hasilnya malah bau tak enak," tutupnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pengalaman Buruk Regina 'Idol' Santap Makanan