8 Fakta Menarik tentang Karnaval Terbesar di Dunia

|

Mutya Hanifah - Okezone

karnaval Brazil selalu dipadati wisatawan (Foto: cnn)

8 Fakta Menarik tentang Karnaval Terbesar di Dunia
SETIAP tahunnya, Brasil memiliki tradisi mengadakan Carnival Brazil, suatu parade kostum dan tari samba yang memenuhi jalanan kota di akhir pekan. Karnaval ini dikenal dengan kostum meriah dan musik heboh, yang menarik jutaan wisatawan asing.

Apa saja yang Anda ketahui soal karnaval? Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip CNN, Minggu (10/2/2013):

Karnaval terbesar di dunia


Karnaval tahunan Brasil ini adalah gelaran festival selama empat hari. Karnaval terbesar berada di Kota Rio de Janeiro, dan diprediksi akan dikunjungi jutaan orang. Biasanya, karnaval ini mendatangkan pemasukan hingga USD665 juta bagi kota ini. Tahun ini, karnaval akan berlangsung dari 9 Februari 2013 hingga 11 Februari 2013.

Ribuan orang padati karnaval

Lebih dari 500 ribu wisatawan asing diperkirakan akan memadati jalanan Rio de Janeiro untuk berdansa, minum, dan bernyanyi bersama rombongan karnaval. Tahun lalu saja tercatat 1,1 juta orang memadati karnaval.

Ada kompetisi ketat di tengah karnaval


Karnaval ini merupakan gabungan parade dari sekolah-sekolah samba di seluruh penjuru Brasil. Meskipun terlihat hanya acara senang-senang, sebenarnya ada kompetisi yang berlangsung di tengahnya. Sekira 3.000-5.000 murid dari sekolah-sekolah samba berkompetisi sebagai penari dengan kostum yang paling meriah dan heboh.

Mau ikut? Cari kostum!

Ingin ikut serta dalam karnaval? Anda cukup datang ke salah satu sekolah samba, membayar uang iuran anggota, lalu membeli kostumnya! Tak perlu khawatir tak bisa menari atau menyanyi, Anda hanya perlu mengikuti gerakan orang yang ada di depan Anda dan kemeriahan karnaval pun turut serta di belakang.

Raja Karnaval harus besar


Karnaval ini juga memilih salah satu pesertanya untuk dijadikan raja. Biasanya, raja yang terpilih bertubuh besar, setidaknya itulah yang diungkapkan oleh Rodrigues da Silva, Raja Karnaval tahun lalu yang bertubuh besar. Selain besar, keceriaan juga menentukan terpilihnya Raja Karnaval dan memenangkan hadiah uang sebesar USD9.800!

Cari Blocos sebelum karnaval

Sebelum pergi ke karnaval, ikuti dulu Blocos. Blocos adalah pesta atau parade yang lebih kecil di jalanan kota, beberapa pekan sebelum karnaval sesungguhnya berlangsung. Biasanya, ada 500 Blocos setiap tahunnya di Rio de Janeiro. Pesta di Blocos dianggap lebih seru dibanding yang ada di karnaval.

Kostum nyaris bugil tidak secara resmi diperbolehkan

Karnaval di Brasil identik dengan penari-penari perempuan yang mengenakan kostum heboh namun nyaris bugil. Padahal, sebenarnya tidak ada aturan khusus apakah kostum tersebut harus terbuka, namun juga tidak ada larangannya.

Hewan pun ikut serta

Karnaval tidak hanya diikuti oleh seluruh sekolah samba di Brazil, dengan perempuan yang menari berkostum meriah. Karnaval Brasil juga diikuti oleh hewan-hewan peliharaan, dalam karnaval bernama The Blocao. Karnaval dengan hewan-hewan mengenakan kostum lucu ini diselenggarakan di Pantai Copacabana setiap tahunnya, beberapa hari sebelum karnaval sesungguhnya dimulai. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Diusir, Sea World Ogah Pusing