Perempuan & Anak Masih Rentan Masalah Sosial

Senin, 11 Februari 2013 - 10:21 wib | Ainun Fika Muftiarini - Okezone

Linda Gumelar (Foto: Runi/Okezone) Linda Gumelar (Foto: Runi/Okezone) PERMASALAHAN sosial yang dihadapi oleh perempuan dan anak di Indonesia memang masih saja terjadi. Tentu saja ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dalam menyelesaikannya.

Contoh sederhana yang masih terjadi  ialah kekerasan terhadap perempuan dan anak yang seolah tak pernah usai. Bahkan, kian hari angka tindak kekerasan terhadap mereka pun terbilang masih tinggi. Hal ini pun diakui oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar. 

“Perempuan dan anak masih banyak yang menjadi korban kekerasan, menjadi objek pemerasan dan anak masih banyak yang menjadi korban kekerasan, menjadi obyek pemerasan dan diperjualbelikan seperti budak atau dipekerjakan tanpa imbalan layak,” ujarnya kepada Okezone di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tak hanya itu, Linda menambahkan kalau rendahnya kualitas hidup dan peran perempuan yang belum maksimal seakan menambah daftar persoalan yang ada.

“Yang lebih memprihatinkan yakni bertambahnya jumlah ibu rumah tangga yang terkena HIV AIDS dari pasangan atau suami,” imbuhnya.

Belum lagi, faktor kesejahteraan juga kerap menjadi persoalan utama yang dialami oleh perempuan dan anak. Sehingga banyak pula dari mereka yang akhirnya masuk perangkap usaha komersialisasi seks ataupun tindakan kriminal, termasuk juga peredaran narkoba. Tentu saja semua itu karena kurangnya perlindungan terhadap mereka.

Kendati begitu, Linda tak memungkiri kalau beberapa undang-undang  yang ada masih dianggap belum sepenuhnya memihak bahkan bisa melindungi mereka. Tentu saja, ini merupakan bentuk keprihatinan lain. Sehingga perempuan dan anak pun menjadi makhluk paling rentan terhadap masalah sosial yang ada.

“Banyaknya peraturan perundang-undangan yang bias gender dan diskriminatif terhadap perempuan yang cenderung merugikan kepentingan perempuan,” tutupnya. (ind) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »