Si Pahit Penyembuh Batu Ginjal

Jum'at, 15 Februari 2013 - 12:31 wib | Niken Anggun Nurani - Okezone

Pare (Foto: Livestrong)

Si Pahit Penyembuh Batu Ginjal
JIKA Anda diingatkan dengan sayuran hijau yang terkenal pahit rasanya, pasti Anda akan menyebutkan pare. Sayuran Asia ini memang memiliki rasa yang kurang diminati. Namun di balik rasa pahit tersebut, ternyata pare dapat menyembuhkan batu ginjal.

Jika Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin mengalami rasa sakit di punggung atau perut, muntah, dan kesulitan buang air kecil. Beberapa karakteristik dari pare dapat menurunkan risiko Anda untuk mengembangkan batu ginjal. Anda bisa berkonsultasi  kepada dokter atau ahli gizi apakah Anda bisa memasukkan pare dalam diet seimbang untuk mencegah atau menghilangkan gejala batu ginjal, demikian yang dilansir Livestrong.

Sebagian besar batu ginjal adalah formasi keras dari kalsium fosfat atau kalsium oksalat. Bahkan jika Anda cukup beruntung, batu ginjal Anda bisa hilang tanpa gejala serta risiko Anda untuk berpotensi terkena batu ginjal lebih parah pun dapat diminimalisasi.

Penderita batu ginjal biasanya ada yang diriwayatkan oleh keluarga dan umumnya menyerang pria usia 20 sampai 50, sedang hamil, dan  dehidrasi. Dan, nutrisi tepat yang dapat menurunkan risiko tersebut ialah pare.

Dalam pare, ada vitamin C yang cukup untuk membantu memenuhi asupan nutrisi Anda. Kita tahu bahwa penderita batu ginjal rentan terhadap vitamin C. Terlalu banyak vitamin C dari suplemen dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal kalsium oksalat. Namun, vitamin C dari sumber makanan seperti pare tidak terlalu berbahaya karena risiko batu ginjal tampaknya meningkat hanya bila asupan lebih sekira 1.000 mg per hari yang berasa dari suplemen. (ind)

 
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Armand-Gita Minta Jokowi Kritis Soal Kesehatan