101 Perawatan Seputar Mata

|

Mom & Kiddie -

Miliki mata indah (Foto: Google)

101 Perawatan Seputar Mata
MATA adalah jendela hati. Namun, bagaimana bila pada mata Anda terdapat garis keriput, sembap, sayu, bengkak, dan lingkaran hitam?
 
Hmmm, akan memberi efek wajah terlihat tidak segar dan tampak lebih tua. Nah, bila Moms ingin memiliki mata yang cantik, indah, dan sehat, rasanya tip dari ahli aesthetic & acupuncture, dr. Petrina Slamat, CID, AAAM, Sp.Ak wajib disimak, sebagaimana diulas Mom & Kiddie.  
 
Terapi Radio Frequency (RF)


Adalah cara modern mengatasi kantung mata, mata lelah/tampak sayu, mata sembap, kerut seputar mata, tanpa tindakan bedah. Terapi RF ini menggunakan alat sebagai penghantar panas ke dalam lapisan kulit wajah.
Alat ini juga dapat mengukur lemak visceral (mengelilingi organ tubuh) yang letaknya lebih dalam di dalam jaringan kulit dengan tepat melalui sistem scanning yang bisa melihat berapa banyak abdomen terbentuk dari lemak visceral.

Terapi ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru, membuat kulit cerah, mengencangkan kulit seputar mata, mengurangi lingkaran hitam di bawah mata dan kerutan sekitar mata.
 
Prosesnya, ujung alat RF ditempelkan menyentuh kulit muka, mengelilingi sekitar kulit mata dengan perlahan. Setelah selesai terapi, pasien “dibekali” krim mata yang mengandung vitamin A, C, E. Krim mata dipakai setiap malam dengan mengoleskan krim di kulit seputar mata, arahnya dari dalam keluar. Treatment dilakukan dua pekan sekali, bergantung kasus dan tingkat keparahan. Rata-rata minimal 10 kali kunjungan dengan interval dua pekan sekali.
 
Langkah-Langkahnya:
1.  Rambut ditutup dengan handuk.
2.  Plat ditempelkan ke kulit pasien, diletakkan di bawah bahu pasien atau daerah punggung. Fungsi plat untuk penghantar panas.
3.  Kulit sekitar mata (termasuk kelopak mata) dibersihkan dengan kapas pembersih dan cleansing milk.
4.  Oleskan krim yang mengandung kolagen dan antioksidan, vitamin A, C, E, di daerah kelopak mata.
5.  Ujung alat RF ditempelkan di sekitar permukaan kulit mata dan digerakkan perlahan selama 10 – 15 menit.
6.  Lalu tempelkan masker kolagen (collagen crystal eye mask), diamkan selama 15 menit. Angkat.
 
Terapi Ultrasound (Ultrasonik Mata)
 

Merupakan perawatan untuk mengatasi kantung mata, lingkar hitam, dan kerutan tanpa pisau bedah. Gelombang elektro pada treatment ini bisa menembus ke lapisan kulit dalam tanpa merusak permukaan kulit dan sensasi panas yang dihasilkan akan merusak jaringan lemak di bawah mata tanpa merusak jaringan lainnya yang terletak di sekitar mata.

Terapi menggunakan alat ultrasonic eye treatment ini dilakukan selama berkisar 30 menit. Alat ini juga bekerja sebagai pemijatan di sekitar mata, mulai titik medial (tengah) di bagian dalam mata dekat hidung, hingga lateral di bagian ujung luar mata. Pemijatan itu berfungsi untuk melancarkan aliran darah di sekitar mata. Ada tiga titik utama yang diterapi menggunakan alat ultrasonik tersebut. Yaitu, titik di bawah mata untuk mengurangi bengkak dan sembab, titik di pangkal medial mata untuk mengurangi kelelahan pada mata, dan titik di lateral yang berfungsi mengurangi keriput pada mata.
 
Thermage

Treatment
yang menggunakan alat bernama thermagetips ini memanfaatkan efek panas dari radio frekuensi untuk mengencangkan sel kolagen di daerah mata yang bersifat noninvasif (tanpa pembiusan dan operasi). Tujuan perawatan ini untuk menghilangkan kerut-kerut halus di sekitar mata, mengurangi lingkaran mata serta memudarkan kantung mata secara sempurna. Sehingga kulit menjadi lebih elastis dan aliran darah menjadi lebih lancar.
 
Thermagetips bekerja dengan cara ditembakkan ke permukaan kulit area mata yang bermasalah - sesuai mapping - kurang lebih 200 tembakan (shoot) dengan waktu pengerjaan berkisar 30 menit.


Efek dari radio frekuensi ini akan hilang dalam beberapa menit dan bisa diatasi dengan obat penghilang nyeri yang biasanya diberikan sebelum treatment. Setelah treatment, pasien dapat menggunakan make-up dan langsung beraktivitas seperti biasa. Tidak ada rasa sakit dan tidak ada bekas. Treatment ini relatif aman karena tidak mengeluarkan darah dan pengerjaannya juga tergolong cepat. Tapi, perawatan ini tidak dianjurkan bagi pasien yang menderita glukoma, diabetes, katarak, wanita hamil dan mereka yang menggunakan atau memasang alat elektronik.
 
Langkah-langkahnya:
1.  Kulit sekitar mata dibersihkan terlebih dulu.
2.  Kulit diberi anastesi oles agar kulit siap menerima rangsangan dari gelombang radio frekuensi selama 30 menit sampai 1 jam.
3.  Bagian mata di-maping. Supaya lebih aman, mata pasien dilindungi oleh perlengkapan eye treatment yang berbentuk seperti mata.
4.  Setelah semua persiapan selesai, treatment dapat segera dilakukan dengan alat yang disebut thermagetips.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pria 50 Tahun ke Atas Berisiko Kanker Usus