Kondisi Hutan Mangrove di Indonesia, Memprihatinkan!

|

Adhia Azkapradhani - Okezone

Cristiano Ronaldo dan Tommy Winata (Foto: Goal)

Kondisi Hutan Mangrove di Indonesia, Memprihatinkan!
SEPERTI diketahui, mangrove adalah tanaman penting untuk keseimbangan alam, kestabilan garis pantai, serta mencegah erosi air laut. Di Indonesia, kondisi mangrove ternyata memprihatinkan.

Indonesia memiliki hutan mangrove seluas sekira sembilan juta hektare. Sayang, 70 persen di antaranya sudah hilang karena digunakan untuk tambak udang, perkebunan kelapa sawit, serta pembangunan pedesaan dan perkotaan.

Keprihatinan ini ditangkap oleh Forum Peduli Mangrove, berada di bawah naungan Artha Graha Foundation milik pengusaha Tommy Winata, dengan mengajak serta masyarakat menjaga hutan mangrove. Agar kampanye “Selamatkan Mangrove, Selamatkan Bumi” berjalan lancar, forum yang berbasis di Bali itupun mendapuk bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, sebagai Duta Konservasi Mangrove di Indonesia.

“Konservasi mangrove merupakan area yang penting, namun seringkali terabaikan. Dunia kehilangan mangrove, begitupun keadaan mangrove di Indonesia yang sangat memprihatinkan. Indonesia sudah kehilangan lebih dari dua juta hektare mangrove.

Mangrove bukan hanya tentanng melindungi lingkungan, namun juga mata pencaharian bagi penduduk desa,” kata Tommy Winata, seperti dilansir dari Nationmultimedia, Selasa (12/3/2013).

Kepedulian Tommy Winata terhadap alam sudah dimulai sejak didirikannya Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) sekira 16 tahun lalu. TWNC memberikan perlindungan konservasi dan rehabilitasi terhadap satwa liar, pohon, flora, fauna, kehidupan laut, dan karang. TWNC sendiri memiliki lebih dari 3.000 hektare hutan mangrove yang tersebar di dua danau di Indonesia.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Merasakan Voodoo di Karibia