Semakin Banyak Wisatawan Lirik Tujuh Kota di Eropa

|

Fitri Yulianti - Okezone

Menara Eiffel, ikon romantisme warga Prancis (Foto: viralenvy)

Semakin Banyak Wisatawan Lirik Tujuh Kota di Eropa
SINGAPURA - Jumlah pengguna Wego.co.id yang memesan tiket pesawat menuju tujuh kota utama di Eropa meningkat 37%. Tujuh kota utama itu ialah Madrid, Frankfurt, Berlin, London, Paris, Amsterdam, dan Zurich.

Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan volume pemesanan tiket pesawat dari Indonesia ke tujuh kota di Eropa tersebut pada Januari 2012. Secara global, tujuh kota utama di Eropa itu memang sedang mengalami lonjakan kedatangan dari pengguna Wego di seluruh dunia. Saat ini, Wego bisa diakses di 50 situs lokal dalam 30 bahasa di seluruh dunia.

Karena itu, bandara di London, Paris, dan Amsterdam mengalami peningkatan jumlah kedatangan sekira 60%. Zurich juga mengalami lonjakan kedatangan 80% dibandingkan data Januari 2012. Yang tertinggi, Madrid, dengan lonjakan 140%.

Adapun Berlin yang menjadi tuan rumah perhelatan event pariwisata internasional ITB Berlin 2013 pada 6-10 Maret ini juga mengalami kenaikan jumlah kedatangan mencapai 111%. Volume tersebut bersaing ketat dengan dengan jumlah kedatangan pengguna Wego ke Frankfurt yang naik nyaris dua kali lipat.

Salah satu penyebab kenaikan itu ialah dominasi Wego sebagai situs pencari dan pembanding harga tiket pesawat yang terbesar di Asia Pasifik dan Timur Tengah. Rupanya, ini berhasil membangun pasar baru pengguna pesawat ke Eropa, umumnya para traveler pemula dari Asia.

Selain itu, dampak perluasan rute ke Eropa dari negara-negara di Asia melalui Timur Tengah yang sejalan dengan beragamnya pililhan pesawat bujet, telah meningkatkan jumlah kedatangan traveler ke Eropa. Apalagi, berdasarkan data internal Wego, banyak traveler pemula yang menggabungkan pilihan pesawat bujet dan non bujet.

"Saat ini pasar lebih ‘open minded’. Mereka ingin mencoba maskapai penerbangan baru, mereka juga ingin mendapatkan harga terbaik. Ini menciptakan persaingan pasar online yang kompetitif,” kata Dean Wicks, Chief Flights Officer Wego, di sela penyelenggaraan ITB Berlin 2013, di Berlin, dalam siaran persnya kepada Okezone, Kamis (14/3/2013).

Banyak traveler menuju Eropa dengan maskapai penerbangan nasional negara-negara Eropa, seperti Lufthansa, British Airways, Air France, KLM, serta maskapai penghubung seperti Etihad Airways dan Emirates. Namun, mereka juga tak alergi mencoba maskapai regional, seperti Vueling Airlines, Czech Airlines, Air Berlin, dan WOW Air.

Traffic
dari India naik tajam

Dari India, pengguna Wego yang mencari penerbangan ke tujuh kota utama di Eropa telah mengalami peningkatan nyaris dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Salah satu penyebab ialah situs Wego yang tampil dalam 11 bahasa nasional di India.

Upaya pelokalan situs Wego ini rupanya membuat pengguna Wego di India lebih mudah merencanakan perjalanan, termasuk ke Eropa. Pemesanan tiket ke Eropa dari Thailand juga meningkat 137% dan Singapura naik 84%.

"Mesin pencari kini menjadi ‘mainstream’ dalam pasar online. India dan Indonesia juga mulai menggunakan Wego untuk merencanakan perjalanan mereka. Jika memperhitungkan besar pasarnya, tentu saja ini kesempatan besar," tambah Dean. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Pariwisata Ujung Tombak Perekonomian di Daerah"