Puskesmas di Depok Harus Rawat Inap Seluruhnya

|

Marieska Harya Virdhani - Okezone

Anak dirawat (Foto: Google)

Puskesmas di Depok Harus Rawat Inap Seluruhnya
DPRD Depok meminta Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail untuk meningkatan status dan pelayanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di seluruh kecamatan yang ada di Depok. Dari Puskesmas biasa menjadi Puskesmas rawat inap.
 
Pasalnya, peningkatan status dan pelayanan Puskesmas masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Penolakan pasien, kata dia, tidak perlu terjadi jika Puskesmas rawat inap 24 jam sudah terwujud.
 
"Sejak wali kota dilantik kita baru punya dua Puskesmas rawat inap. Saya minta wali kota segera merealisasikan janjinya itu," ucap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rintis Yanto di Depok, Jawa Barat.
 
Peningkatan status Puskesmas, kata dia, sesungguhnya dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Tidak perlu lagi warga miskin antre untuk mendapatkan ruangan rumah sakit untuk melakukan rawat inap.
 
"DPRD mendukung penuh peningkatan status pelayanan Puskesmas. Pemerintah tinggal mengajukan anggaran pembangunan infrastruktur dan penambahan peralatan ruang rawat inap," kata Rintis.
 
Rintis menjamin berapa pun anggaran yang diminta eksekutif untuk merealisasikan program tersebut akan dikabulkan. Terpenting realistis dan tidak mengada-ada.
 
"Kalau kekurangan sumber daya manusia bisa kita rekrut. Toh, banyak dokter berstatus PNS yang sudah mengajukan diri bekerja di lingkungan Pemkot Depok," tegasnya.
 
Lagipula, sambung Rintis, banyak dokter di Dinas Kesehatan (Dinkes) yang bekerja tidak sesuai profesi mereka. Artinya, dokter-dokter itu bekerja menjadi juru tulis di kedinasan.
 
"Itu bukan tugas mereka. Buat apa mereka sekolah lama-lama. Kalau Puskesmas rawat inap sudah direalisasikan, maka dokter-dokter itu dapat dimaksimalkan," kata dia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Hardino membenarkan bahwa program peningkatan status Puskesmas sudah masuk dalam rencana strategis (restra) lima tahunan. Saat ini, Depok sudah memiliki dua Puskesmas rawat inap, yakni Puskesmas Sukmajaya dan Puskesmas Cimanggis.
 
"Tahun ini akan dibangun tiga lagi," tutupnya.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rokok Elektrik Mundurkan Generasi Bangsa