Jajal Es Cendol Durian Pramuka, Antre Dulu Sejam!

|

Johan Sompotan - Okezone

Es cendol durian pramuka (Foto:Johan Sompotan)

Jajal Es Cendol Durian Pramuka, Antre Dulu Sejam!
MUSIM panas telah tiba, paling pas menikmati minuman yang segar. Salah satunya Es Cendol Durian Pramuka, tapi wajib antre bila Anda ingin menjajalnya.
 
Es Cendol Durian berada persis di depan pintu keluar Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Sang penjual mulai menjajakan dagangannya mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Meski durasi berjualannya lama, Anda butuh waktu untuk antre hingga satu jam.
 
"Kalau beli Es Cendol Pramuka, Anda harus sabar karena yang belinya banyak banget. Ya, paling dikit sejam lah nunggunya," kata Andi, penjual Es Cendol Durian Pramuka, saat ditemui Okezone di Jakarta, baru-baru ini.
 
Keberadaan Es Cendol Durian Pramuka ternyata sudah ada sejak 1970an. Awalnya, es cendol bukan dijajakan dengan gerobak namun sebatas dipikul.
 
Wangi duriannya berasal dari durian lokal.
"Kalau durian monthong bikin rasanya jadi aneh. Paling enak, ya pakai durian lokal, kayak durian Medan, Lampung, Palembang, Jepara, atau Bengkulu," imbuhnya.
 
Okezone pun diberi kesempatan mencicipinya. Sekilas, cendol ini seperti cendol lainnya, yakni diberi durian, cendol, tak ketinggalan kuah santan dan saus gula aren. Wanginya langsung menggoda selera, cendol dan kuah santannya pun menjadi lebih wangi berkat durian. Sementara, gula aren yang kental menjadi penyeimbang rasanya.
 
Selain durian, ada lagi rahasia kekuatan rasa Es Cendol Durian Pramuka, yakni madu yang ditambahkan ke dalam kuah santan. Sementara, cendolnya dibuat dengan proses selama satu jam. Diperlukan daun suji untuk kemudian ditumbuk untuk mendapatkan airnya, dan saring untuk membersihkannya dari kotoran.
 
"Kalau sudah disaring barulah airnya diberi tepung sagu buat pengental, lalu dimasak di atas api kecil selama satu jam hingga adonan mengental. Bila sudah matang, diamkan hingga dingin dan masukkan ke dalam mesin pencetak," tambahnya.
 
Sementara untuk proses saus gula aren, sebenarnya sama seperti olahan gula lainnya. Tapi karena diberi madu, maka perpaduannya pun harus tepat.
 
"Gula jawa itu kan mengeluarkan rasa manis yang alami, sementara madu untuk memberikan kekuatan rasa manis yang lebih lembut, madu akan menarik rasa manis yang tajam," bebernya.
 
Biar lebih enak lagi, Anda bisa menambahkan ketan putih sebagai pelengkap. "Kalau dulunya cuma cendol dan durian, karena banyak peminatnya, maka diberi tambahan ketan putih," tutupnya. Untuk merasakan kenikmatan Es Cendol Durian Pramuka, harganya Rp10 ribu per porsi. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Biar Lezat, Beri Sayuran saat Bikin Sate