Tempat-Tempat Wisata Fotogenik di Saigon

|

Mutya Hanifah - Okezone

Kantor Pos Pusat Saigon (Foto: Mutya/Okezone)

Tempat-Tempat Wisata Fotogenik di Saigon
KOTA terbesar di Vietnam, Ho Chi Minh City atau Saigon, adalah kota bekas jajahan kolonial Prancis di masa lalu. Karena itu, kota ini memiliki banyak tempat yang fotogenik untuk wisatawan berfoto.

Kota Saigon di Vietnam diduduki oleh Prancis pada 1859. Selama pendudukan Prancis, sejumlah bangunan di kota ini mencerminkan keberadaan bangsa Eropa tersebut, membuat Saigon dijuluki “The Paris of Orient”. Banyak sekali bangunan di Saigon yang bergaya Prancis dan fotogenik, simak ulasannya seperti dihimpun Okezone berikut ini:

Saigon Notre-Dame Basilica

Saigon Notre-Dame Basilica adalah sebuah katedral yang berada di pusat Kota Saigon. Katedral ini bergaya Prancis, karena dibangun saat pemerintah kolonial masih menduduki Saigon, yaitu antara 1863 hingga 1880. Bentuk Katedral ini sangat indah dan klasik, dengan dua menara lonceng setinggi 58 meter. Di depan Katedral, terdapat patung Bunda Maria yang kerap menjadi spot dimana wisatawan berfoto. 

Kantor Pos Pusat Saigon

Tepat di sebelah katedral, Anda akan melihat bangunan yang sama unik dan antiknya, yaitu Kantor Pos Pusat Saigon. Kantor pos ini juga memiliki arsitektur gotik khas Prancis, yang dibangun pada awal abad ke-20. Uniknya lagi, arsitek bangunan ini adalah Gustave Eiffel, yang juga merancang Menara Eiffel di Kota Paris, Prancis. 

Dari luar sudah menakjubkan, apalagi bagian dalamnya. Berada di dalam kantor pos ini bagaikan berada di mesin waktu yang membawa Anda kembali ke masa kolonial Prancis. Kantor pos ini selain menjadi atraksi wisata juga masih berfungsi sebagai jasa pos. Di sisi kanan dan kirinya terdapat toko suvenir yang menjual barang-barang khas Saigon, dimana Anda akan dilayani pegawai yang mengenakan ao dai, yaitu gaun nasional Vietnam. 

Saigon Opera House


Saigon Opera House atau The Municipal Theatre adalah satu lagi contoh arsitektur kolonial Prancis yang masih 'tertinggal' di Saigon. Gedung Opera ini adalah bagian dari Gedung Opera yang berada di Hanoi, Ibu Kota Vietnam, dan berbentuk sama dengan Gedung Opera Garnier di Paris. Bangunan Opera ini terlihat paling dramatis di malam hari.

Balai Kota Ho Chi Minh City


Balai Kota Ho Chi Minh City berada tak jauh dari Gedung Opera Saigon. Balai Kota ini dibangun pada 1902-1908, juga pada masa Kolonial Prancis. Seperti Gedung Opera, dengan cahaya temaram dari lampu yang menyinari di sekelilingnya, bangunan Balai Kota juga terlihat paling cantik di malam hari. Sayangnya, turis tidak diizinkan masuk. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mimpi Sea World Jadi Wisata Terbaik Kandas!