Saat Nikah, Suami-Istri Harus Sehat Jiwa

Rabu, 20 Maret 2013 - 17:43 wib | Ainun Fika Muftiarini - Okezone

Indahnya saat menikah (Foto: Google) Indahnya saat menikah (Foto: Google)

ADA banyak hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari masalah kejiwaan. Salah satunya, melalui pemahaman dalam membentuk sebuah keluarga.
 
Sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga merupakan tempat awal untuk membentuk karakter seseorang. Namun untuk membentuk sebuah keluarga pun juga tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan oleh pasangan sebelumnya. Terutama pondasi yang kuat sebelum memutuskan untuk menikah.
 
“Yang jelas, suami dan istri ketika menikah harus sehat jiwa dan siap juga. Memulai keluarga itu harus ada semacam proses. Ada baiknya juga ikut konseling lebih dulu,” jelas psikolog Kassandra A Putranto saat berbincang dengan Okezone di Restoran Rempah-Rempah, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2013).
 
Tentu saja proses tersebut merupakan bagian penting dari pemahaman lebih lanjut bagaimana kehidupan berkeluarga yang sehat. Terlebih seringkali masalah yang terjadi ikut dipengaruhi oleh latarbelakang dari keluarga masing-masing sebelumnya. Sehingga hal inilah yang akan menentukan karakter anak-anaknya kelak.
 
“Suami dan istri itu kan produk dari keluarganya masing-masing. Masalah yang dibawa keluarganya atau pengalaman buruk di masa kecil juga bisa menimbulkan konflik lagi di kemudian hari. Jadi, jangan sampai dibiarkan karena bisa berdampak pada anak-anaknya yang jadi tak terurus,” tutupnya.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »