Kenali Dayak Lebih Dalam di Landak

Rabu, 20 Maret 2013 - 15:18 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Wamen Parekraf Sapta Nirwandar beserta pemerintah daerah Kalimantan Barat dan Kabupaten Landak di Jakarta (Foto: Mutya/Okezone)

Kenali Dayak Lebih Dalam di Landak
JAKARTA - Keberagaman Indonesia bisa dilihat dari banyaknya suku yang mendiami negara ini, salah satunya Suku Dayak. Untuk melihat Suku Dayak secara langsung, Anda dapat berkunjung ke Kabupaten Landak di Provinsi Kalimantan Barat.

Suku Dayak mendiami Pulau Kalimantan, dengan kekayaan tradisi dan budaya yang terkenal di Indonesia. Suku Dayak memang ada di penjuru Kalimantan, namun bila Anda ingin mengenal lebih dalam tentang suku ini, kunjungi Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

"Landak itu bukan nama hewan, tapi singkatan dari The Land of Dayak. Karena itu, kalau mau kenal Dayak, ya harus ke Landak," kata Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada acara “Ekspos Potensi Pariwisata Kabupaten Landak” di Jakarta, Rabu (20/3/2013).

"Pokoknya, tidak afdol kalau ke Kalimantan belum ke Landak!," tegas Sapta.

Landak memiliki potensi wisata yang menarik, meski kabupaten ini belum banyak diekspos. "Landak terkenal dengan rumah tradisionalnya, Rumah Betang Saham dan juga hasil buminya batu intan," sahut Bupati Landak Adrianus Asia Sidot.

"Nah, itu dia di Landak itu banyak sekali intannya. Makanya, wanita-wanita di sana cantik-cantik, soalnya mandi dengan air intan," seloroh Sapta.

Kabupaten Landak tahun ini berkomitmen untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya promosi wisata, dan pengembangan potensi dan investasi daerah.

"Di Landak tahun ini sudah mulai ada hotel bintang tiga. Kami juga promosikan event-event tradisional agar semakin banyak wisatawan datang," ujar Adrianus. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 20:05 WIB

      Pesta Rakyat Hidupkan Budaya Indonesia

      Kebudayaan Indonesia mulai tersisih, kehadiran budaya barat mulai mewabah. Pesta Rakyat penting mengembalikan kejayaan budaya Indonesia.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 19:13 WIB

      Dewi Gita: Sea World, Gak Perlu Ditutup

      Dewi Gita kaget ditutupnya Sea World. Menurutnya Sea World tidak perlu ditutup sebab telah menjadi tempat edukasi anak soal biota laut.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 18:00 WIB

      Parade Sambut Presiden, Simbol Pemersatu Bangsa

      WARGA Jakarta larut dalam parade budaya di Bundaran HI saat menyambut Presiden Jokowi. Parade ini dianggap sebagai simbol pemersatu bangsa.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 17:05 WIB

      Pengalaman Miss Earth di Thailand

      Thailand merupakan wisata Asia Tenggara. Miss Earth Margenie Winarti menceritakan pengalaman menjelajah wisata di negeri Gajah Putih.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 16:03 WIB

      Thailand, Negeri Penuh Histori

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara memiliki wisata histori. Hal tersebut diceritakan Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 15:00 WIB

      Ke Thailand, Sambangi Sukhothai

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang harus dikunjungi ketika berwisata. Salah satu tak boleh dilewatkan adalah Sukhothai.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:19 WIB

      Lepas Lampion, Warga Jakarta Kecewa

      Ada yang kurang memuaskan dari acara syukuran rakyat di Monas. Pelepasan lampion yang dinanti tidak berjalan seperti diharapkan.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:02 WIB

      Miss Earth Air 2014 Betah di Thailand

      Asia dikenal ramah tamahnya, termasuk Thailand. Hal ini diakui Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti. Baginya merasa betah ada di Thailand

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 12:00 WIB

      "Pesta Rakyat Kok Sisakan Sampah"

      Syukuran rakyat Salam Tiga Jari telah usai digelar di Monas, tapi meski usai Monas menyisakan banyak sekali sampah bekas makanan.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 11:36 WIB

      Pesta Rakyat, Monas Tampil Beda

      Monumen Nasional berbeda dari biasanya saat syukuran rakyat. Monas yang biasa tampil polos, kini dihias beberapa simbol bertema Indonesia.

    Baca Juga

    Pesta Rakyat Hidupkan Budaya Indonesia