Makin Mapan, Turis Australia Tak Bergairah ke Bali

|

Rohmat - Okezone

Pantai Kuta, Bali populer di kalangan turis Australia (Foto: Rohmat/Okezone)

Makin Mapan, Turis Australia Tak Bergairah ke Bali
DENPASAR - Awal 2013 menjadi permulaan kurang menyenangkan bagi pariwisata Bali. Turis Australia mulai hilang gairah berlibur ke Pulau Bali, tingkat ekonomi yang lebih baik ditengarai menjadi penyebabnya.

Kunjungan wisatawan Australia ke Bali menurun pada awal 2013 lalu. Seperti dilansir dari Sydney Morning Herald, jumlah kedatangan turis di Bali pada Januari 2013 tercatat 212.657 wisatawan, turun 14 persen dari jumlah 248.298 pada periode yang sama tahun lalu.

Dalam lima tahun terakhir, turis Australia paling banyak datang ke Bali, menjadikan Pulau Dewata destinasi favorit mereka. Namun, pada bulan pertama di 2013, jumlah wisatawan Australia yang datang menurun, menimbulkan spekulasi bahwa kunjungan turis ke Pulau Dewata akan semakin turun. Pemerintah Australia, seperti diberitakan situs News, hari ini bahkan menuding banyak warganya tertular DBD setelah berlibur ke Bali.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali I Gusti Ngurah Wijaya mengatakan bahwa tidak sepenuhnya benar bahwa lemahnya penanganan Pemerintah Daerah Bali atas berbagai penyakit sebagai penyebab menurunnya kunjungan turis ke Bali. Penyebab yang lebih mungkin adalah tingkat perekonomian Australia yang membaik sehingga banyak warganya lebih mapan dan memilih pelesiran cukup jauh ketimbang ke Bali.

"Wisatawan Australia yang tingkat ekonominya membaik itu tentu lebih memilih berlibur ke Eropa atau Amerika," katanya ketika dihubungi Okezone, Rabu (20/3/2013).

"Karena penurunan ini juga dirasakan negara tujuan wisata lainnya di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand, ketika terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan," tandasnya.

Diketahui, wisatawan asal Negeri Kanguru itu memberi kontribusi besar bagi pariwisata di Bali, bahkan tercatat masuk lima besar dari sisi jumlah wisatawan yang berlibur di Pulau Dewata. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Liburan, Jaga Dompet Anda!