Surga di Timur Itu Bernama Banda Neira

|

Mutya Hanifah - Okezone

Banda Neira, Maluku (Foto: oladoo)

Surga di Timur Itu Bernama Banda Neira
BILA berkesempatan wisata ke Provinsi Maluku, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu pulaunya yang mempesona. Pulau tersebut adalah Banda Neira.

Banda Neira berada di gugusan Kepulauan Banda, Maluku. Pulau ini adalah salah satu dari banyak pulau di timur Indonesia yang menyimpan keindahan luar biasa.

Ada banyak hal dan tempat menarik yang bisa Anda temui di Pulau Banda Neira. Banda Neira memiliki nuansa kota tua dimana dahulu merupakan pusat pedagang. Para saudagar melakukan jual beli pala dan fuli yang saat itu merupakan komoditi paling banyak dicari di Kepulauan Banda, dan menjadi asal sumber rempah-rempah hingga pertengahan abad ke-19.

Istana Mini Neira menjadi satu-satunya bangunan besar dan indah saat itu di kawasan ini. Berikutnya, di sekitarnya banyak dibangun rumah besar sebagai tempat tinggal dari petinggi orang Eropa yang datang ke pulau ini. Bangunan ibarat mansion tersebut berarsitektur Eropa yang khas, seperti dikutip dari laman Indonesiatravel.

Tidak hanya jejak sejarah Banda Neira yang mengagumkan, perairannya menyimpan kekayaan biota laut yang memesona. Titik menyelam di perairan Banda Neira merupakan surga bagi mereka yang menggilai aktivitas menyelam. 

Total terdapat 22 lokasi menyelam di perairan Banda Neira, di antaranya Tanjung Barat Pulau Pisang, Selamo Village (Pulau Banda Besar), Tanjung Burang (Pulau Banda Besar), Batu Kapal, Mandarin City (Jetty Reef), dan Pasir Putih (Lighthouse Pulau Neira).

Di dalam lautnya, terdapat terumbu karang dari berbagai jenis dan bentuk. Ada sekira 350 jenis biota laut, termasuk ikan, kerang purba, rumput laut, moluska, gurita, udang, kepiting, penyu, dan terumbu karang di perairan Banda Neira.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Banda Neira, terutama bagi Anda yang ingin menyelam, adalah sepanjang April hingga November. Untuk daerah sebelah Barat dan Utara Banda Besar, sekitar Gunung Api, dan daerah Neira, Anda perlu berhati-hati karena saat itu angin tenggara bertiup. 

Untuk menuju Banda Neira, Anda dapat menggunakan jalur udara maupun laut. Apabila memilih menggunakan perjalanan udara, Anda bisa terbang dari Jakarta menuju Bandara Hasanuddin di Makassar atau Bandara Denpasar di Bali. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Bandara Pattimura di Ambon. 

Dari Ambon, Anda masih harus menggunakan pesawat lagi untuk mencapai Banda Neira. Alternatif lainnya untuk mencapai pulau cantik ini adalah dengan menyeberangi Laut Banda dengan kapal feri dari Ambon (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Harapan Puteri Pariwisata 2012 pada Menparekraf Baru