Waspada, Anemia Juga Intai Anak-Anak

Rabu, 27 Maret 2013 - 13:12 wib | Niken Anggun Nurani - Okezone

Anak sakit (Foto: Google)

Waspada, Anemia Juga Intai Anak-Anak
ANEMIA merupakan salah satu kondisi yang menjadi tanda bahwa Anda mengalami kekurangan zat besi dalam darah. Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa terkena anemia, anak-anak dan balita juga bisa mengalami hal serupa.
 
Tingkat prevalansi anemia di Indonesia ternyata cukup tinggi. Dari survei kesehatan rumah tangga (SKRT) 2001 hampir 40 persen wanita usia subur mengalami anemia. Wanita memang cenderung berisiko mengalami anemia, karena mengalami kondisi kehamilan atau menstruasi.
 
"Perlu diingat bahwa bukan hanya wanita yang bisa mengalami anemia, anak-anak, pria dewasa, maupun mereka yang berusia lanjut juga dapat mengalami anemia," ungkap Dr. Nadia Ayu Mulanasari SsPD, dokter spesialis penyakit dalam dalam sebuah acara media workshop bertema Anemia, Kenali Risiko dan Solusinya, Restoran Meradelima, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (27/3/2013).
 
Dalam data yang dipaparkan oleh Dr. Nadia, prevalansi ibu hamil yang mengalami anemia pada 2012 mencapai 50-63 persen, sementara data anemia tahun 2004 pada anak-anak mencapai 25-47 persen.
 
"Dengan melihat data tersebut, kita bisa mulai menyadarkan masyarakat bahwa anemia bisa mengintai siapa saja. Baik dewasa maupun anak-anak. Mengenali gejala awal dari anemia bisa membantu Anda mendapatkan penanganan segera," jelas Dr. Nadia.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Armand-Gita Minta Jokowi Kritis Soal Kesehatan