Hal-Hal Pemicu Tubuh Serasa Tak Bertenaga

Jum'at, 29 Maret 2013 - 15:04 wib | Qalbinur Nawawi - Okezone

Badan lelah (Foto: Google)

Hal-Hal Pemicu Tubuh Serasa Tak Bertenaga
KELELAHAN dalam bentuk normal saat seseorang telah melakukan sebuah kegiatan, entah sekolah, bekerja, atau berpergian. Namun, ada juga kelelahan ekstrem di mana Anda tidak berkegiatan, tiba-tiba merasa lelah.
 
Ternyata, hal ini disebabkan adanya penyerapan energi, sebagaimana hasil sebuah penelitian. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fakta-fakta kelelahan yang membuat badan Anda serasa tidak bertenaga, simak ulasan Womens Health berikut ini.
 
Dehidrasi


Jika selama menjalani aktivitas Anda merasa lelah, susah berkonsentrasi, dan penglihatan merasa terganggu atau pusing, hal ini merupakan salah satu gejala dehidrasi. Segeralah Anda mencari minuman. Dan konsumsilah air putih sebanyak dua gelas, apalagi bila ditunjang asupan makanan ke dalam tubuh. Ini bisa memicu energi hadir dari dalam tubuh.
 
Telefon seluler
 
Memegang telefon saat pergi tidur, sesungguhnya tidak baik untuk kualitas tidur. Hal ini karena cahaya biru yang ada di setiap gadget elektronik menekan hormon tidur melatonin, hingga aktivitas otak tetap berkerja. Padahal saat tidur, otak harus juga diistirahatkan agar mendapatkan tidur berkualitas. Sebuah jajak pendapat 2011 oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa 20 persen orang yang berusia 19 sampai dengan 29 dibangunkan bunyi panggilan teks, e-mail, dan bunyi panggilan telefon. Jadi, jauhkanlah ponsel genggam dan gadget dari tangan Anda saat  pergi tidur.
 
Dosis obat yang tidak tepat
 
Banyak obat yang Anda konsumsi hal itu juga mempunyai efek samping yang buruk. Entah resep obat hipertensi ataupun migrain, namun bila mengonsumsi obat merasa badan menjadi lebih lemah. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh salah dosis atau bisa juga tidak sesuai dengan tubuh Anda. Segeralah langsung konsultasi ke dokter sebagai alternatif, agar bisa klarifikasi mengenai keluhan yang Anda rasakan.
 
Lembur bekerja
 
Saat Anda bekerja pasti akan mengeluarkan keringat dan hormon kortisol. Hormon ini jika selaras produktivitasnya dengan kegiatan yang Anda lakukan dan bila hal tersebut dilakukan sampai malam, ditunjang juga keluarnya berkeringat, hal ini akan menyebabkan turunnya secara drastis suhu tubuh Anda hingga akhirnya akan mendadak lelah dan lesu.
 
Rendahnya kadar zat besi
 
Tubuh Anda membutuhkan 18 gram zat besi per hari, jika hal ini tidak dipenuhi, tubuh akan cepat merasa lelah. Hal ini dikarenakan saat asupan zat besi tidak terpenuhi akan menyebabkan anemia defisiensi zat besi. Terkait hal itu, jika tubuh Anda merasa mendadak lelah, periksalah ke dokter untuk dilakukan tes darah sederhana. Ini penting untuk melihat apakah Anda harus mengonsumsi suplemen atau tidak.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ponsel Penyebab Utama Timbul Jerawat