Ini Dia Chef Perempuan Terbaik di Dunia

|

Johan Sompotan - Okezone

Santini di restoran keluarganya (Foto: reuters)

Ini Dia Chef Perempuan Terbaik di Dunia
ITALIA - Nadia Santini, Head Chef restoran Michelin Star Dal Pescatore di sebuah desa di Italia Utara mendapatkan predikat chef perempuan terbaik di dunia. Namanya terpilih pekan ini, di antara 50 chef perempuan lain.

Santini mengawali karier dunia kuliner di restoran yang terletak di Runate, antara Mantua dan Cremona, Italia, yang didirikan pada 1925 oleh keluarga suaminya. Ketika itu, dirinya bekerja di bagian dapur.

Dia diajarkan memasak oleh nenek dari suaminya, bernama Teresa, yang telah menjalani restoran itu setelah menikah. Selama 40 tahun, sang nenek bahkan menggeluti dapur restoran tersebut dengan teknik memasak yang sekarang terbilang tidak profesional. Namun, hal tersebut ternyata tidak menutupi kemampuannya meracik bahan-bahan makanan hingga dia wariskan ilmunya kepada Santini.

Pada 1996, Santini menjadi chef perempuan pertama di Italia yang diganjar tiga bintang Michelin, penghargaan bergengsi dalam dunia kuliner tingkat dunia. Santini berhasil meracik masakan Italia autentik yang dikombinasikan dengan sentuhan modern.

"Di pucuk kepimpinan dinasti restoran keluarga Santini, keahlian Nadia Santini sebagai chef sudah tidak diragukan lagi. Dia telah mengangkat nama restorannya dengan nilai tertinggi," puji majalan British Restaurant usai Santini menerima penghargaan untuk restorannya sebagai 50 Restoran Terbaik di Dunia.

Kini, restoran keluarganya tetap dia kelola bersama sang suami. Dua anak laki-lakinya, Alberto dan Giovanni, juga turut mengelola restoran tersebut, seperti dilansir Reuters, Kamis (4/3/2013).

Sebelumnya, penghargaan chef perempuan terbaik diraih oleh Elena Arzak, Head Chef Arzak Restaurant di San Sebastian, Spanyol, dan Chef Anne-Sophie Pic dari Maison Pic Restaurant di Valence, Prancis. Penghargaan chef perempuan terbaik diputuskan berdasarkan pengambilan suara terbanyak oleh 900 pemimpin ternama dalam industri restoran internasional. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mi & Bakso Jadi Menu Favorit Istri Raffi