Ada Bandara Baru, ke Derawan Jadi Lebih Mudah

Jum'at, 5 April 2013 - 15:18 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Ubur-ubur di Danau Kakaban, Derawan (Foto: zonaikankita)

Ada Bandara Baru, ke Derawan Jadi Lebih Mudah
JAKARTA - Salah satu situs menyelam terindah di Indonesia berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Mulai tahun ini, Anda bisa mengunjungi Derawan dengan akses yang lebih mudah.

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur terkenal dengan wisata bahari yang menawan, terutama pemandangan bawah laut yang menarik hati para penyelam dunia. Belum lagi keunikan danau ubur-ubur di Pulau Kakaban, yang hanya ada dua di dunia.

Sayangnya, untuk mencapai Derawan masih cukup sulit. Dari Jakarta, Anda harus terlebih dahulu naik pesawat ke Balikpapan. Kemudian menggunakan pesawat lagi ke Tanjung Redeb, lanjut dengan speedboat menuju Sangalaki. Total perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih sembilan jam dari Jakarta hingga Sangalaki.

Kini, tak perjalanan panjang menuju Kepulauan Derawan. Sudah dibangun infrastruktur penyangga untuk mencapainya.

"Sekarang bandara di Tanjung Redeb (Berau) sudah diperluas. Jadi, wisatawan bisa langsung ke Berau, tidak perlu ke Balikpapan dulu," kata Esthy Reko Astuty, Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, di Jakarta, belum lama ini.

Tak hanya Berau, di Maratua, salah satu pulau di Derawan kini tengah dibangun bandara. "Seharusnya sudah bisa beroperasi tahun ini, tinggal menunggu izin dari Kementerian Perhubungan saja," ujar Esthy.

Kepulauan Derawan tahun ini memegang peranan penting, sebab akan menjadi lokasi perhelatan Sail Derawan menjelang akhir 2013. Derawan juga merupakan satu dari 16 destinasi wisata Indonesia yang tengah difokuskan untuk dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Makan, Personil Tipe X Ini Doyan Kerupuk