Daging Alot, Masak dengan Panci Presto

|

Dewi Yanti - Okezone

(Foto:Diytrade)

Daging Alot, Masak dengan Panci Presto
MEMASAK menggunakan pressure cooker atau panci presto bisa menghemat waktu dan makanan lebih empuk. Banyak makanan yang bisa Anda masak dengan panci presto.

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda masaka dengan panci presto seperti diulas Wikihow:

Masak daging
Masak daging menggunakan panci presto menghemat banyak waktu. Terutama, dalam memasak daging yang mudah alot misalnya daging kambing atau sapi.

Merebus kentang
Untuk merebus kentang di panci presto, kentang terlebih dahulu dicuci bersih, lalu dimasukkan ke dalam panci yang berisi air. Takaran air harus menutupi setengah bagian kentang. Tutup dan tunggu sampai bunyi pertama terdengar lalu kecilkan api. Ketika bunyi kedua terdengar, matikan api. Jangan langsung dibuka karena uap panas bisa melukai Anda. Biarkan kentang di dalam panci presto hingga uapnya habis, lalu buka. Kupas dan gunakan kentang sesuai keinginan.

Masak beras
Memasak nasi bisa menggunakan panci presto, prosesnya hanya dalam hitungan menit. Gunakan 1 1/4 cangkir air untuk setiap 1 cangkir beras. Matikan api segera setelah bunyi pertama terdengar.

Memasak kacang kering
Selalu rendam dalam air terlebih dahulu jika Anda ingin memasak kacang merah, kacang arab atau kacang kering lainnya. Masak kacang tersebut ke dalam panci presto hingga bunyi pertama terdengar, dan didihkan lagi selama 20 menit.

Memasak sayuran
Sayuran sangat mudah matang, sehingga setiap jenis sayuran akan matang dalam hitungan menit. Khusus jenis sayuran yang mengandung air, gunakan hanya sedikit air saat memasak.

Merebus bit
Untuk merebus umbi bit, cuci lalu masukkan ke dalam panci presto yang berisi air. Masak di atas komporĀ  hingga bunyi pertama terdengar, didihkan lagi selama 10 menit. Setelah uap panas hilang, kupas buah bit untuk mencegah hilangnya warna.

Tips: Proses memasak di panci presto akan terus berlangsung bahkan setelah Anda mematikan api kompor. Untuk menghentikan proses memasak, setelah uap panas habis. Angkat panci dan letakkan di atas wastafel. Tutup rapat dan biarkan air mengalir menyirami panci presto untuk mencegah makanan terlalu matang. (ind) (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Makanan Penyebab Bau Mulut (II-Habis)