Marak Copet, Museum Terpopuler di Dunia Tutup

|

Fitri Yulianti - Okezone

Museum Louvre di Paris (Foto: visitingdc)

Marak Copet, Museum Terpopuler di Dunia Tutup
PARIS - Para staf Museum Louvre di Paris mogok kerja lantaran marak pencopetan pada pengunjung. Kasus ini bahkan memaksa penutupan Museum Louvre.

Museum terpopuler di dunia ini ditutup pada Rabu, 10 April 2013, setelah lebih dari 100 pekerja museum meninggalkan pekerjaan mereka untuk berdemo. Mereka protes karena jumlah pencopet yang beroperasi di museum semakin meningkat.

Menurut laporan The Guardian, para pencopet bekerja dalam kelompok terorganisir. Mereka membidik target turis dan staf museum dengan cara-cara yang disebut semakin kasar, termasuk meludah, mengancam, menghina, dan menendang.

Meskipun pihak keamanan museum telah bekerjasama dengan polisi Paris dan dijatuhkan hukuman untuk para pelanggarnya, kasus pencopetan masih menjadi masalah yang belum terselesaikan, menurut para staf museum. Padahal akhir tahun lalu, pengelola Museum Louvre telah mengajukan keluhan resmi kepada jaksa atas para tamunya yang menjadi korban pencuri.

Pihak pengelola museum sampai kini belum berkomentar. Sejumlah polisi berseragam dikerahkan untuk berpatroli di sekitar Museum Louvre, Paris, seperti dilansir dari CNN, Jumat (12/4/2013).

Sebelumnya, Museum Louvre juga pernah ditutup pada 2009 dan 2001 menyusul protes para stafnya tentang perselisihan aturan industrial dan jam kerja. Museum Louvre, yang menjadi rumah bagi karya-karya terkenal para maestro dunia, seperti Leonardo da Vinci, adalah museum yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Museum yang menjadi latar film "Da Vinci Code" ini dikunjungi sekira 10 juta wisatawan sepanjang 2012, dan mampu menarik sekira 30.000 wisatawan per hari sepanjang tahun ini. Dengan seringnya terjadi kasus pencopetan ini, pengunjung diharapkan dapat lebih waspada selama menikmati koleksi museum.

Museum Louvre buka setiap hari, kecuali Selasa, pukul 09.00-18.00 waktu setempat. Museum juga buka malam mulai pukul 21.45 tiap Rabu dan Jumat. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Alasan Turis Asing Doyan Ke Indonesia