Waduh, 70% Dokter Indonesia 'Numpuk' di Pulau Jawa

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Dr. Daeng M Faqih, MH (Foto: Qalbi/Okezone)

Waduh, 70% Dokter Indonesia 'Numpuk' di Pulau Jawa
PEMERATAAN dokter ke daerah mungkin  belumlah terealiasi. Pasalnya, 70 persen populasi dokter se-Indonesia berada di pulau Jawa. Lantas, apa yang menyebabkan permasalahan tersebut masih belum merata?

Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Daeng M Faqih, MH  dalam  launching Indomedica Expo 2013 menjelaskan bahwa estimasi populasi dokter lebih banyak ada di pulau Jawa.

“Kondisi itu bisa terjadi karena terbentuk sistem liberal yang ada, dimana dimulai saat biaya pendidikan yang dihabiskan bisa mencapai setengah milyar. Kemudian bisa berlipat ganda bila mereka mengambil spesialisasi. Kemudian juga, mereka semuanya mencari penempatan kerjanya sendiri-sendiri. Mencari sendiri, di sinilah masalahnya”, ujarnya di Menteng, Jakarta, Kamis, 11 April 2013.

Ia menambahkan, hal ini memang sudah alamiah terjadi dimana seseorang yang telah mengeluarkan banyak uang pasti menginginkan uang mereka kembali. Apalagi bagi para dokter yang mengambil spesialis, mereka diharuskan untuk mempunyai alat yang berharga fantastis bila ingin mengambil spesialisasinya. Menurutnya, di kondisi itulah mereka akan berpikir untuk bekerja di kota dimana potensi untuk mengembalikan keuangan mereka lebih cepat. Dan melihat tingginya gaya hidup di pulau Jawa, maka para dokter pun terdorong untuk mengukir karier di sana.

“Semut yang lapar pasti mencari gula untuk mengenyangkan dirinya. Nah, karena gula-gulanya ada di Jakarta, ya para dokter perginya ke situ,” tandasnya. (ind) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kena Hepatitis, Indra ST12 Pernah Makan Kutu