Minum Alkohol, Awas Kalori & Lemak Berlebih

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Ilustrasi (Foto: Google)

Minum Alkohol, Awas Kalori & Lemak Berlebih
ORANG-orang cenderung makan lebih banyak kalori dan lemak jika mereka mengonsumsi alkohol di hari yang sama. Karenanya, selektiflah mengatur konsumsi tersebut jika tak ingin memiliki kalori berlebih.

Para peneliti dari National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism (Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme) menemukan bahwa pria rata-rata mengonsumsi sekira 400 kalori lebih banyak dalam sehari ketika mereka minum, sedangkan wanita mengonsumsi 300 lebih kalori.

Kecenderungan ini mungkin terjadi karena dalam kegiatan sosial, kita kurang memakan makanan sehat dan menjadi lebih impulsif ketika berada di bawah pengaruh alkohol, seperti dilansir Daily Mail.

Rosalind Breslow, ahli epidemiologi gizi dan penulis utama studi ini mengatakan, "Pilihan makanan berubah pada hari-hari kita minum-minum, ke arah yang tidak sehat bagi pria dan wanita." Menurutnya, informasi baru ini memberi orang kesempatan untuk menjadi lebih sadar akan apa yang mereka makan pada hari mereka minum-minum.

Untuk penelitian ini, Breslow dan rekan-rekannya meneliti 1.800 relawan pada hari mereka minum-minum dan tidak. Data berasal dari survei besar di AS tentang kesehatan dan gaya hidup yang dilakukan pada tahun 2003 sampai 2008.

Ketika tidak mengonsumsi alkohol, kalori yang dikonsumsi pria naik dari 2.400 kalori menjadi 2.800 kalori, sedangkan wanita naik dari 1.700 kalori jadiĀ  2.000 kalori. Bagi wanita, kalori ekstra itu berasal bisa dari alkohol saja - tapi untuk pria, 100-200 kalori berasal dari makanan.

Penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition ini juga menemukan bahwa pria dan wanita makan sekira sembilan persen lebih banyak lemak ketika mereka minum alkohol. Pria dilaporkan makan kentang putih dan daging lebih banyak ketika mereka minum, sedang pria dan wanita minum lebih sedikit susu ketika minum. (ind) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gigi Berlubang Jika Dibiarkan Picu Kista!