Pelesir ke Korut Aman, Asalkan...

|

Mutya Hanifah - Okezone

DMZ (Demilitarised Zone) di Korea Utara (Foto: Telegraph)

Pelesir ke Korut Aman, Asalkan...
KOREA Utara tengah menjadi perbincangan karena Presiden Kim Jong Un mengancam akan menembakkan rudal. Turis justru dibuat penasaran, tetapi juga perlu cerdas saat akan datang.

Adanya pemberitaan terhadap Korea Utara bukannya membuat turis takut.  Mereka malah penasaran terhadap negara ini. Bagaimana ya, caranya pelesir ke Korea Utara?

"Tidak seperti rumor yang beredar, mengajukan permohonan visa ke Korea Utara sebenarnya cukup mudah," kata Dylan Harris dari Lupine Travel, operator wisata Inggris yang biasa membawa wisatawan ke Korut, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (16/4/2013).

"Syaratnya mudah, Anda hanya perlu memesan paket tur dengan dua pemandu wisata resmi dari Korea Utara," imbuhnya. Pemandu wisata tersebut harus ditunjuk langsung oleh Menteri Pariwisata Korut, dan berasosiasi dengan tiga agen wisata yang berada di Pyongyang, Ibu Kota Korut.

Bahkan, Anda yang ingin pelesir sendiri di negara tersebut harus ditemani oleh dua pemandu. "Tidak mungkin traveling sendirian ke Korea Utara," kata Gill Leaning dari agen wisata Regent Holidays.

Menurut Gill, wisatawan harus paham bahwa mereka adalah tamu istimewa bagi Korut. Karena itu, ada peraturan yang harus ditaati, seperti tidak berjalan tanpa pemandu dan tidak mengambil foto di lokasi-lokasi tertentu.

Upayakan juga untuk Anda selalu berkomunikasi dengan kedutaan negara masing-masing mengenai status perjalanan ke Korea Utara. Anda hanya bisa masuk melalui jalur udara ke Korut, tidak bisa memasuki melalui Korea Selatan, terkait konflik antar dua negara ini.

Regent Holidays sendiri telah menerima banyak permintaan wisata ke Korut dalam tiga tahun terakhir. Kontroversi Kim Jong Un menyebabkan permintaan wisata ke Korut oleh agen wisata Regent Holidays naik hingga empat kali lipat. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Harapan Puteri Pariwisata 2012 pada Menparekraf Baru