Toko Aroma Kopi di Bandung, Legendaris Sejak 1930

|

Dewi Yanti - Okezone

(Foto:Okezone)

Toko Aroma Kopi di Bandung, Legendaris Sejak 1930
KOPI diminati banyak orang karena memiliki rasa nikmat dan warna hitam pekat. Keistimewaan kopi terletak pada aroma khasnya, yang bisa didapat setelah melewati proses panjang selama delapan tahun.

Di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Banceuy 51, Anda bisa menemukan salah satu pabrik sekaligus toko kopi legendaris. Namanya Aroma Kopi. Pabrik ini merupakan salah satu tempat penghasil kopi terbaik di Bandung, Jawa Barat.

Peralatan pembuatan kopi masih menggunakan mesin-mesin kuno, tepatnya sejak Aroma Kopi berdiri sekira 1930. Meskipun demikian, dari segi rasa, kopi dari Aroma Kopi boleh diadu, lebih spesial tanpa penggunaan mesin-mesin modern.

Kopi yang baru dipetik dari pohon dijemur di bawah terik matahari selama tujuh jam. Setelah itu, kopi disimpan dalam karung selama bertahun-tahun untuk menghasilkan kopi nikmat dan sehat. Setiap jenis kopi memiliki masa penyimpanan berbeda-beda.

β€œProses penuaan Arabika ditunggu delapan tahun, Robusta lima tahun, sampai karungnya keras seperti ini,” kata Widyapratama, generasi kedua pemilik Aroma Kopi, sambil memukul salah satu karung kopi Arabika yang mengeras.

Setelah penimbunan, proses selanjutnya adalah penggarangan, di mana kopi mentah disangrai selama dua jam. Tujuannya untuk mematangkan biji kopi.

Selanjutnya, biji kopi disortir dengan mesin quality control. Proses penyortiran bukan berdasarkan besar kecilnya biji kopi, melainkan bobotnya.

β€œIni yang bagus, ini juga bagus, ini yang gagal. Tapi yang gagal cuma satu per mil, karena ketika dipetik sudah merah. Dari sini (mesin quality control-red), baru proses membuang kulit,” lanjutnya.

Kopi yang telah dipilah kualitas terbaik selanjutnya akan melalui tahap pengulitan, yakni pembersihan kulit ari menggunakan mesin serupa jaring kawat yang akan bergoyang-goyang. Sementara, kulit yang terbuang akan digunakan sebagai pupuk tanaman.

Langkah selanjutnya, yaitu proses penumbukan dengan mesin selama dua menit. Kopi yang sudah halus siap dikemas untuk dijual.

Berikut link video Proses Pembuatan Kopi di Koffie Fabriek Aroma Bandung. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kentang Goreng Fastfood, Karina Salim Suka