'Menyelinap' ke Malaysia lewat Jalur Darat

Jum'at, 19 April 2013 - 16:11 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Tebedu, Malaysia (Foto: Mutya/Okezone)

'Menyelinap' ke Malaysia lewat Jalur Darat
MASUK ke Negeri Jiran tidak hanya bisa melalui jalur udara. Bagi Anda yang ingin bertualang, bisa juga memasuki Malaysia melalui Entikong, Kalimantan Barat.

Banyak jalan menuju Malaysia. Salah satu rute yang menarik dan mungkin tidak banyak dilakukan wisatawan Indonesia adalah memasuki negara tetangga lewat jalan darat di Kalimantan Barat.

Wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia di Kalimantan Barat adalah Serawak, dengan ibu kotanya Kuching. Karena itu, mudah untuk mengunjungi negara ini dari Ibu Kota Kalbar, Pontianak.

Beberapa waktu lalu, Okezone berkesempatan melewati perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di Entikong, Kalimantan Barat, dengan mobil pribadi. Sopir kami, Anto, yang merupakan warga asli Pontianak, mengatakan bahwa banyak bus antarnegara yang siap mengantar wisatawan dari Pontianak ke Kuching.

"Ada bus Malaysia, ada juga bus Indonesia. Biasanya dari Pontianak pakai bus Damri yang langsung ke Kuching. Perjalanan dari Pontianak menuju Kuching kira-kira 8-10 jam," ceritanya.

Sepanjang perjalanan kami dari Pontianak menuju Kuching, memang terlihat banyak bus antar negara. Kondisi bus pun beragam, ada bus super eksekutif yang sangat mewah hingga bus ekonomi yang berhenti di banyak kota.

"Biasanya bus ini berangkat malam atau pagi sekali. Karena pos perbatasan di Entikong hanya buka pukul 06.00-18.00 WIB," ujarnya.

Selain bus, Anda juga boleh membawa mobil pribadi ke wilayah Malaysia. "Tapi biasanya ada biayanya untuk izin. Mobil tersebut juga harus lengkap surat-suratnya," cerita Anton. Saat kami memasuki wilayah Kuching, memang sesekali terlihat mobil dengan plat nomor Indonesia di kota tersebut.

Jalanan dari Pontianak menuju Kuching relatif mulus, hanya siap-siap mabuk darat bagi Anda yang tidak biasa berpergian dengan mobil. Jalanannya cenderung menanjak dan menurun sepanjang jalan.

Saat di wilayah Kalimantan, di sisi kanan dan kiri Anda akan ditemani pemandangan hutan dan perkebunan sawit yang sejuk. Di malam hari, jalanan menjadi gelap karena penerangan hanya dari mobil atau truk yang lewat serta rumah-rumah penduduk di tepi jalan.

Masuk ke wilayah Malaysia di Tebedu, Anda akan melihat jalanan yang lebih lebar dari Indonesia. Jalanannya lebih mulus dan juga lebih menanjak dari sebelumnya. Pemandangannya adalah bukit-bukit hijau yang terlihat jauh dari jalanan.

Perjalanan darat dari Pontianak menuju Kuching mungkin melelahkan. Namun, tidak ada salahnya mencoba, apalagi bila Anda bosan hanya melihat pemandangan awan, seperti bila berpergian dengan pesawat. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 20:05 WIB

      Pesta Rakyat Hidupkan Budaya Indonesia

      Kebudayaan Indonesia mulai tersisih, kehadiran budaya barat mulai mewabah. Pesta Rakyat penting mengembalikan kejayaan budaya Indonesia.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 19:13 WIB

      Dewi Gita: Sea World, Gak Perlu Ditutup

      Dewi Gita kaget ditutupnya Sea World. Menurutnya Sea World tidak perlu ditutup sebab telah menjadi tempat edukasi anak soal biota laut.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 18:00 WIB

      Parade Sambut Presiden, Simbol Pemersatu Bangsa

      WARGA Jakarta larut dalam parade budaya di Bundaran HI saat menyambut Presiden Jokowi. Parade ini dianggap sebagai simbol pemersatu bangsa.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 17:05 WIB

      Pengalaman Miss Earth di Thailand

      Thailand merupakan wisata Asia Tenggara. Miss Earth Margenie Winarti menceritakan pengalaman menjelajah wisata di negeri Gajah Putih.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 16:03 WIB

      Thailand, Negeri Penuh Histori

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara memiliki wisata histori. Hal tersebut diceritakan Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 15:00 WIB

      Ke Thailand, Sambangi Sukhothai

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang harus dikunjungi ketika berwisata. Salah satu tak boleh dilewatkan adalah Sukhothai.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:19 WIB

      Lepas Lampion, Warga Jakarta Kecewa

      Ada yang kurang memuaskan dari acara syukuran rakyat di Monas. Pelepasan lampion yang dinanti tidak berjalan seperti diharapkan.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:02 WIB

      Miss Earth Air 2014 Betah di Thailand

      Asia dikenal ramah tamahnya, termasuk Thailand. Hal ini diakui Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti. Baginya merasa betah ada di Thailand

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 12:00 WIB

      "Pesta Rakyat Kok Sisakan Sampah"

      Syukuran rakyat Salam Tiga Jari telah usai digelar di Monas, tapi meski usai Monas menyisakan banyak sekali sampah bekas makanan.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 11:36 WIB

      Pesta Rakyat, Monas Tampil Beda

      Monumen Nasional berbeda dari biasanya saat syukuran rakyat. Monas yang biasa tampil polos, kini dihias beberapa simbol bertema Indonesia.

    Baca Juga

    Pesta Rakyat Hidupkan Budaya Indonesia