Cara Mudah Singkirkan Pestisida pada Buah & Sayuran

|

Dewi Yanti - Okezone

(Foto:Wikihow)

Cara Mudah Singkirkan Pestisida pada Buah & Sayuran
ANDA tidak pernah tahu jenis pestisida yang digunakan, serangga, atau kotoran yang mungkin tersembunyi pada permukaan buah-buahan dan sayuran. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mencucinya dengan bersih.

Mencuci dengan air biasa dapat menghilangkan banyak kotoran. Namun, menambahkan beberapa bahan alami yang bersifat asam, seperti lemon dan cuka, dapat meningkatkan kebersihan buah dan sayuran.

Berikut langkah mudah membersihkan buah dan sayur secara organik dan murah, seperti diulas Wikihow:

Siapkan lemon organik

Jika tidak terdapat lemon organik, Anda dapat juga menggunakan lemon biasa, dengan harga yang sedikit lebih murah. Ini berarti Anda mencuci secara "alami" bukan, “organik”. Jangan khawatir, kedua jenis lemon ini sama baiknya untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan.

Iris lemon menjadi dua. Ambil satu sendok makan air perasan lemon dan masukkan ke dalam botol semprot. Air perasan lemon merupakan desinfektan alami yang akan menghilangkan bau tidak sedap pada buah-buahan dan sayuran.

Cuka memperkuat fungsi disinfektan

Tuangkan 2 sendok makan cuka ke dalam botol semprot bersama satu cangkir air. Cuka akan menambah kekuatan disinfektan pada larutan. Tutup botol semprotan lalu kocok hingga bercampur rata.

Semprotkan pada buah dan sayuran

Semprotkan larutan pembersih pada semua buah-buahan dan sayuran sebelum digunakan. Setelah disemprot, bilas hingga bersih. Buah-buahan dan sayuran kini siap dimakan atau digunakan sebagai bahan masakan. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Deretan Makanan Tidak Sehat Resto Cepat Saji