Wanita pun Bisa Sukses di Bisnis Pelayaran

|

Gita Ramadian - Okezone

Forum dialog HIPMI (Foto: Gita/Okezone)

Wanita pun Bisa Sukses di Bisnis Pelayaran
EMANSIPASI membuat wanita bisa masuk pada bidang-bidang yang didominasi oleh pria. Hal ini dirasakan juga oleh Carmelita Hartoto yang masuk dalam dunia pelayaran.
 
Banyak orang berkata jika dunia laut dan perkapalan ialah bidang yang berat. Tak heran jika kaum pria begitu mendominasi bidang ini.
 
Namun, bukan berarti ranah ini tak bisa dijamah oleh wanita. Salah satu yang sukses di bidang ini adalah Carmelita Hartoto yang telah lebih dari satu dekade berada dalam bisnis pelayaran.
 
"Saya tidak dipersiapkan untuk menjadi penerus perusahaan, tapi sepeninggal ayah, saya harus maju," tuturnya dalam dalam Forum Dialog Hipmi Sesi XIII "Mahakarya Kartini: Dedikasi Untuk Generasi" di Gedung Palma One, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta, Rabu (24/4/2013).
 
"Tercemplung" di bisnis yang keras seperti ini membuat Meme, begitu dia biasa disapa, mesti akrab dengan berbagai hal yang tak biasa. Apalagi, perannya sebagai wanita yang memimpin perusahaan pelayaran, bukanlah hal yang lumrah.
 
Bahkan bisa dikatakan, Meme merupakan wanita pertama yang ada di bisnis ini. "Ada kalanya ketika saya ke pelabuhan, digoda oleh para ABK (anak buah kapal). Tapi tetap ada batasnya kok," sambungnya.
 
Kesuksesan Meme dalam bidang ini bahkan membuatnya terpilih menjadi Ketua Umum Indonesia National Shipowners Association (INSA).
 
"Anggotanya sekira 1.300 perusahaan. Di dalamnya ada juga beberapa pengurus wanita seperti saya," tutupnya.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kebun Binatang di Indonesia Perlu Dipercantik