Dari Sabah, Wajib Bawa Bekantan!

|

Adhia Azkapradhani - Okezone

Bekantan (Foto: kidnesia)

Dari Sabah, Wajib Bawa Bekantan!
SABAH - Banyaknya kesamaan antara Indonesia dan Malaysia terkadang membuat wisatawan bingung membeli oleh-oleh. Lalu, apa oleh-oleh wajib dari Sabah yang harus dibawa pulang turis?
 
Berlibur tanpa membawa pulang oleh-oleh rasanya memang kurang lengkap. Begitu pula ketika Anda pergi ke Sabah. Cobalah untuk berburu oleh-oleh khas Sabah di Kota Kinabalu Handicraft Market dan Kadaiku. Kedua tempat tersebut memang menyediakan beragam benda khas dari Sabah misalnya saja gantungan kunci, gelang, berbagai kerajinan tangan, hingga Mutiara untuk perhiasan.
 
Sayangnya kemiripan antara Malaysia dan Indonesia terkadang membuat bingung wisatawan Indonesia dalam memilih cinderamata khas dari daerah ini. Biasanya wisatawan akan memilih untuk membelli cinderamata yang bernuansa Gunung Kinabalu. Namun, jika Anda masih bingung dalam membeli oleh-oleh, Bobby Alex selaku marketing Manager Sabah Tourism Board memberikan pilihan untuk Anda.
 
“Yang harus dibawa dari Sabah ke Indonesia, cinderamata yang berbentuk monyet belanda. Inilah salah satu spesies monyet yang ada di Sabah,” tuturnya.
 
Binatang yang disebutnya monyet Belanda itu ternyata adalah seekor Bekantan yang lucu. Sebagai bagian dari kawasan Borneo, tak heran jika Sabah pun memiliki begitu banyak Monyet Belanda yang hidup di wilayahnya bahkan menjadi ciri khas dari negeri tersebut.
 
“Saya rasa sebenarnya di Indonesia pun cukup banyak monyet jenis ini. Namun memang kebanyakan ada di tarakan dan Balikpapan. Kalau di Jakarta rasanya masih jarang,” ungkapnya.
 
Untuk membeli cinderamata yang dimaksud, Anda pun dapat langsung memburunya di dua tempat paling populer di Sabah dalam memburu oleh-oleh. Tempat pertama adalah kota Kinabalu handicraft Market. Di sini Anda dapat menawar harga hingga setengah dari harga yang dibandrol. Sayangnya, karena tempat ini berbentuk pasar tradisional di pinggir pelabuhan, jangan heran jika panas matahari akan terasa menyengat di kulit.
 
Jika ingin berburu oleh-oleh di tempat yang lebih nyaman, Anda dapat menuju ke Kadaiku. Kemasan cinderamata yang dijual di tempat ini un terlihat lebih menarik. Namun tentunya harga barang-barangnya pun dibandrol lebih mahal daripada jika Anda membelinya di Kota Kinabalu Handicraft Market.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Pariwisata Ujung Tombak Perekonomian di Daerah"