Penyebab Utama Kaki Varises & Kram

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Alami varises (Foto: Google)

Penyebab Utama Kaki Varises & Kram
PEMBULUH vena sangat penting untuk kaki Anda leluasa beraktivitas. Namun terkadang, gangguan vena bila diabaikan bisa menghambat karena munculnya kram ataupun varises.
 
Banyak faktor sebenarnya yang membuat kaki Anda kram dan varises, kata Dr. R. Suhartono, MD Ketua Perhimpunan Spesialis Bedah Vaskuler dan Endovaskuler Indonesia.  Namun sayangnya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui.
 
Berikut ini beberapa penyebab seorang mengalami kram sekaligus varises, sebagai pengingat Anda untuk lebih berhati-hati:
 
Katup vena yang tidak betul
 
Gangguan vena ini disebut para dokter sebagai penyebab primary atau kasus banyak yang terjadi pada sekarang. Seorang terlalu lama berdiri dan  cara duduknya salah membuat katup vena berubah arah. Di mana seharusnya katup itu menghadap ke arah jantung untuk mengedarkan balik darah dalam tubuh, namun karena terhimpit oleh duduk sila Anda, ataupun otot kaki yang tidak bergerak karena berdiri, berdampak darah tersebut balik lagi ke kaki bawah Anda dan berkumpul. Sehingga kemudian terjadi kaki Anda kram dan kelama-lamaan pembuluh darah melebar  hingga menonjol, Anda pun terkena varises. Untuk itu sebagai upaya preventif, perhatikanlah kebiasaan duduk dan aktivitas Anda sekarang yang sering membuat Anda kram, kemudian ubahlah.
 
Pembuluh darah rusak akibat operasi
 
Hal ini biasanya terjadi karena sehabis kakinya terbentur ataupun kecelakaan, sehingga terjadi sumbatan pada kaki.
 
Dinding venanya terlalu tipis
 
Pernah melihat urat-urat kecil berwarna hijau muncul di kaki wanita? Itu bisa berdampak urat-urat terlihat bila adanya sumbatan darah. Kemudian suka membuat kaki Anda biru-biru.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penderita Rematik Tidak Boleh Dimanjakan