Mau Beli Oleh-Oleh Khas Depok? Di sini Tempatnya!

Selasa, 30 April 2013 - 10:35 wib | Marieska Harya Virdhani (Okezone) - Okezone

(Foto:Marieska/Okezone)

Mau Beli Oleh-Oleh Khas Depok? Di sini Tempatnya!
DEPOK - Sebagai kota penyangga Jakarta, Kota Depok, kerap kali dianggap masih jadi bagian dari Ibu Kota. Padahal, kota yang sudah berusia 14 tahun itu memiliki ciri khas tersendiri.

Depok memiliki ikon buah belimbing, ada belimbing dewa, dan juga belimbing dewi. Ikon tersebut dimanfaatkan warga Depok untuk berkreasi di bidang kuliner.

Baru - baru ini, sebuah sentra kuliner kudapan khas Depok sudah mudah dijumpai. Jika melintasi Jalan Margonda Raya Depok, di jalur ke arah Jakarta, Anda dapat menjumpai sebuah toko kue bernama Pesona Rasa.

Toko berlantai dua itu menjual banyak produk pangan dan minuman khas Depok. Diantaranya kerupuk lidah buaya (libuy) buatan ibu - ibu Cilodong, Depok. Serta jus belimbing, dodol belimbing yang merupakan buatan kelompok ibu rumah tangga di Sawangan, Depok.

Ada juga minuman lidah buaya, dodol jambu merah khas Depok, jus jambu merah, dan peyek kembang goyang.

Toko yang digagas oleh empat warga Depok itu, baru diluncurkan satu bulan lalu. Toko tersebut juga baru saja diresmikan oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail.

Salah satu pemilik toko kue Pesona Rasa, Enny Fitri mengatakan ide tersebut tercetus karena mereka merasa selama ini belum ada sentra oleh - oleh panganan khas Depok. Sehingga, mereka yang mempunyai hobi membuat kue dan latar belakang pendidikan di bidang gizi, memanfaatkan peluang tersebut.

"Awalnya tertarik karena usaha Bu Indri salah satu owner, kok kuenya bagus-bagus, lalu kami tawarkan ke Pemkot. Akhirnya dapat tempat, gimana cara besarkan dan cari tempat di Margonda arus lalu lintas yang paling ramai. Sebelumnya kami sudah buka katering sih, pesanan kita ke Telkomsel, Mabes Polri, Istana," jelasnya baru - baru ini.

Ia meminta siapapun pendatang ataupun turis lokal yang menyambangi Depok tak ragu lagi mampir ke tokonya. Sebab, kata dia, bisa menjadi oleh - oleh atau buah tangan bagi sanak keluarga.

"Oleh - oleh Depok belum ada selama ini, bingung apa yang harus disiapkan. Kita harapkan tamu - tamu yang ke Depok bisa belanja disini, kami jamin rasanya enak," ungkapnya.

Harga kue basah per potongnya juga tergolong murah, yakni dimulai dari harga Rp 2500 keatas. Untuk minuman harganya Rp5.000 ke atas.

"Baru satu bulan dibuka, satu hari omzet Rp 3-5 juta. Rp 100 juta per bulan dengan 15 pegawai. Karena itu ini sangat prospektif," tutup Enny. (uky) (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menikmati Pepes Kopyor di Hotel Bintang Lima