Katalase, Pulihkan Warna Uban Tanpa Semir Rambut

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Cek uban (Foto: Google)

Katalase, Pulihkan Warna Uban Tanpa Semir Rambut
MENYEMIR rambut ialah hal yang biasa dilakukan seseorang yang sudah beruban. Namun, sekarang tidak perlu ribet lagi, pasalnya telah ditemukan obat yang mengembalikan warna rambut seperti semula.

Ya, hal ini karena peneliti telah menemukan cara yang lebih permanen untuk menyingkirkan uban seseorang.

Uban sendiri muncul karena akumulasi hidrogen peroksida yang terjadi di akar folikel rambut yang disebabkan stres oksidatif. Fenomena yang sama juga selalu dihubungkan dengan kondisi kulit disebut vitiligo yang menyebabkan pigmentasi tidak merata pada kulit. Tidak jarang, hal tersebut akan membuat bulu mata seseorang menjadi putih.

Hasil penelitian baru menjelaskan, biopsi kulit yang muncul pada sekelompok orang yang menderita vitiligo bisa diatasi dengan katalase (pseudo-catalase) dimana katalase atau sejenis krim ini dapat membantu pemecahan hidrogen peroksida dan mengurangi stres oksidatif. Alhasil, pigmentasi pada kulit dan bulu mata mereka pun kembali pada warna semula.

Berdasarkan temuan ini, para peneliti percaya krim yang sama bila diterapkan pada rambut, bisa mengembalikan warna uban menjadi hitam, seperti dilansir Fox News.

"Selama beberapa generasi banyak orang menyemir rambut untuk menutupi ubannya," kata Dr Gerald Weissmann,  editor-in-chief of  The Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, yang mempublikasikan penelitian ini, " Tapi sekarang, untuk pertama kalinya, pengobatan aktual sampai akar masalah sudah ditemukan." (ind)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Fakta Medis Wanita Mudah Orgasme