Ini Dia Pariwisata Daerah Terbaik yang Dicari TCTA 2013

|

Adhia Azkapradhani - Okezone

Suasana konferensi pers TCTA 2013 (Foto: Adhia/Okezone)

Ini Dia Pariwisata Daerah Terbaik yang Dicari TCTA 2013
JAKARTA - Travel Club Tourism Award (TCTA) kembali digelar untuk ketiga kalinya tahun ini. TCTA menjadi ajang apresiasi bagi pemerintah daerah yang terus aktif mengembangkan pariwisatanya.

Tahun ini, TCTA tidak hanya memberikan penghargaan dalam bidang kepariwisataan, namun juga dalam bidang industri kreatif. Maka dari itu, ada penambahan satu kategori dalam TCTA 2013, yaitu The Most Creative Government. Sebelumnya, hanya ada tiga kategori, yaitu The Best Performance, The Best achievement, dan The Most Improved.

Penambahan kategori mendorong perubahan kriteria penilaian yang ditetapkan. Semua kriteria penilaian tersebut diberikan secara terbuka kepada setiap daerah yang berpartisipasi dalam TCTA 2013 dengan pedoman dari tim kelompok kerja Universitas Sahid.

"Aspek yang dinilai meliputi tata pamong, lingkungan pariwisata, industri kreatif, pemberdayaan masyarakat dalam kepariwisataan, dan perkembangan ekonomi," kata Ismayanti Istanto, Ketua Kelompk Kerja Universitas Sahid, di Jakarta, baru-baru ini.

Penilaian terhadap daerah yang menjadi nominator dilakukan melalui beberapa tahap. Hingga hari ini, tim pokja masih menunggu pengumpulan berkas dari daerah yang akan berpartisipasi dan pengisian kuesioner untuk daerah bersangkutan.

Setelah itu, semua data akan ditabulasi oleh pihak independen dan diverifikasi oleh auditor terpercaya. Barulah kemudian dipilih 75 nominator untuk seluruh kategori. Nominator tersebut kemudian akan diverifikasi kembali untuk penentuan pemenang. Dalam penyelenggaraan acara ini, panitia TCTA 2013 mengundang seluruh jajaran pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten untuk berpartisipasi tanpa dipungut biaya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Pemerintah Tak Turun Tangan Berarti Bodoh"