Agar Jelly Tidak Berair di Dalam Kulkas

Sabtu, 11 Mei 2013 - 18:06 wib | Dewi Yanti - Okezone

(Foto:Yourdictionary)

Agar Jelly Tidak Berair di Dalam Kulkas
HAI, salam kenal Chef. Saya sering membuatkan si kecil agar-agar karena dia sangat suka teksturnya yang kenyal. Namun, jika sudah bermalam di kulkas terkadang agar-agar menjadi berair. Apa yang harus saya lakukan ya?

Ikha-Bekasi

Jawab:
Jelly atau agar-agar kenyal dengan warna-warna bening cerah sangat disukai anak-anak. Bila Anda mendapati jelly mulai berair, coba perhatikan proses pembuatannya.

Jika ingin menyajikan es dengan campuran jelly atau puding, Anda bisa membuatnya di pagi hari lalu menyimpannya di kulkas. Buatlah sesuai kebutuhan sehingga jelly tidak bermalam.

Namun jika tidak habis, Anda harus memperhatikan proses pembuatannya agar kesegaran jelly tetap terjaga. Gunakan agar-agar dengan kulitas terjamin untuk menghasilkan jelly yang berkualitas pula.

Jika dalam petunjuk pembuatan jelly disarankan menggunakan 3 takaran gelas untuk satu bungkus agar-agar, maka kurangi satu takaran hingga Anda hanya menggunakan dua gelas air atau sekira 50 gr air untuk memasak agar-agar.

Hasilnya akan lebih keras sehingga bisa disimpan lebih lama sekira 2-3 hari. Meskipun besoknya akan berair, tidak akan benyek karena proses penyimpanan yang benar.

Dhany R. Satyadharma
Penulis buku Cooking Is Fun, Memasak Tanpa Api dan pendiri La Femme Patiserrie
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Tepat Penggunaan Minyak Zaitun