BPS: Bantuan Tunai untuk 15,5 Juta Rumah Tangga

Senin, 13 Mei 2013 - 18:57 wib | Fakhri Rezy - Okezone

BPS: Bantuan Tunai untuk 15,5 Juta Rumah Tangga Ilustrasi. (Foto: Okezone) JAKARTA - Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) hanya mencakup 61,51 persen dari masyarakat pengeluaran rendah. Pasalnya, masyarakat pengeluaran rendah mencakup 40 persen dari total penduduk.

"Iya dari situ, dari 40 persen terbawah dari sisi pengeluaran jumlahnya 25,2 juta rumah tangga. Jadi kalau 15,5 juta rumah tangga dari 25,2 juta itu sudah cukup banyak," ujar Suryamin, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Suryamin menjelaskan, dari total penduduk Indonesia, yang termasuk masyarakat rendah pengeluaran ada sekira 40 persen dengan total rumah tangga 25,2 juta jiwa. Akan tetapi, untuk penerima BLSM sebanyak 15,5 juta rumah tangga yang sudah mencakup miskin, hampir miskin, dan bahkan ada yang tidak miskin.

"Kalau data 2011-nya sangat akurat, karena kita memang metodologinya waktu itu kan hasil sensus penduduk. Kemudian dihitung berapa pengeluaran rumah tangga, kita lakukan verifikasi di lapangan, ini benar tidak, itu benar apa tidak. Kemudian kita rangking jadilah 25,2 juta rumah tangga," ujar Suryamin.

Suryamin menambahkan, untuk 15,5 juta rumah tangga sudah mencakup kelompok miskin. "Mungkin sudah masuk ke hampir miskin, itu yang terkena juga kalau BBM naik," jelas Suryamin. (wdi)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »