Pergelaran 93 Tahun Batik Keris

|

Ainun Fika Muftiarini - Okezone

Pergelaran busana Batik Keris (Foto: Fika/Okezone)

Pergelaran 93 Tahun Batik Keris
INDONESIA memang dikenal kaya akan kebudayaannya. Terutama ragam hias yang mengandung nilai seni yang tinggi. Batik Keris pun memelihara keindahan budaya tersebut hingga menginjak usia 93 tahun.

Bukan hal mudah memertahankan bisnis yang berporos pada material lokal selama puluhan tahun. Namun kenyataannya, hal itu bisa dijalani oleh Batik Keris. Di usianya yang ke-93 tahun, Batik Keris menggelar sebuah peragaan busana bertema Puspa Nusa dimana Batik Keris kembali menghadirkan suguhan menarik yang dikemas dalam festival seni.  Tentunya hal ini tampak lebih spesial dari peragaan busana di tahun sebelumnya.

"Ini temanya flora dan fauna, kalau tahun sebelumnya kita lebih memakai LED untuk menggambarkan keindahan Indonesia,”ujar Handianto Tjokrosaputro, pemilik sekaligus Komisaris Batik Keris saat ditemui usai pergelaran Puspa Nusa di Puri Indah Mall, Jakarta Barat, Sabtu, 11 Mei 2013.

Lebih lanjut, pria ramah tersebut menuturkan bahwa perhelatan kali ini memang sengaja digelar berbeda. Selain untuk menandai 93 Batik Keris berkiprah, juga dilakukan sebagai wujud pengenalan budaya Nusantara.

Dalam kesempatan yang sama, Batik Keris juga mendapat penghargaan internasional. Kali ini, Disney Internasional memberikan The Asian Licensing Award sebagai kategori best license se-Asia atas keberhasilannya memadukan budaya Indonesia melalui batik dengan karakter Disney. Tentunya hal ini pun semakin memperkokoh tujuan untuk membawa budaya Indonesia sampai ke dunia internasional.

"Dipilih karena keunikan kita bisa mengintegrasikan budaya,"tutupnya. (ind)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Fakta Medis Wanita Mudah Orgasme