Cegah Hipertensi, Siasatnya Tak Sekadar Kurangi Konsumsi Sodium

|

Helmi Ade Saputra - Okezone

Kurangi konsumsi garam cegah hipertensi (Foto: Google)

Cegah Hipertensi, Siasatnya Tak Sekadar Kurangi Konsumsi Sodium
PENDERITA hipertensi memiliki risiko yang lebih besar daripada penyakit serius lainnya. Saat tekanan darah naik maka dapat mengakibatkan seseorang beresiko mengalami serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Hal tersebut seperti yang diutarakan oleh Lawrence Appel, MD, MPH, profesor di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health dan dilansir Everydayhealth.

The American Heart Association memerkirakan bahwa sepertiga orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi. Tingkat kematian akibat hipertensi meningkat sebesar 25 persen sejak tahun 1995, tetapi ini sesungguhnya bisa dihindari. Pasalnya, hipertensi dapat diobati dengan mengikuti beberapa panduan diet sederhana. Berikut tiga strategi yang difokuskan untuk meminimalkan tekanan darah tinggi Anda, antara lain sebagai berikut:

Kurangi sodium

Sodium bertindak sebagai pengawet sehingga sering ditemukan dalam jumlah berlebih dalam makanan olahan
. Appel menyarankan agar Anda menargetkan untuk mengonsumsi kurang dari 200 mg sodium. Sementara untuk seluruh makanan, seperti makanan beku tidak boleh melebihi 600 mg sodium. Lebih banyak makanan segar yang Anda makan, semakin sedikit sodium yang Anda makan pula.

Mengurangi berat badan

Secara keseluruhan penurunan berat badan tampaknya memiliki efek positif pada tekanan darah. Berat badan berlebih mendatangkan konsekuensi berbahaya bagi kesehatan, salah satunya berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan fisik lainnya.

Tidak mengonsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi alkohol berlebihan memiliki dampak negatif pada tekanan darah. Salah satu strateginya adalah dengan membatasi minuman beralkohol. (ind) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    IDI Harap Jokowi Umumkan Nama Menkes