Kenali Gejala Dini Kanker Payudara

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Cek kesehatan payudara (Foto: Google)

Kenali Gejala Dini Kanker Payudara
PENYAKIT kanker payudara sangat mematikan, terdata sebagai penyumbang populasi kematian terbanyak wanita setelah kanker paru-paru. Untuk itu, mengenali gejala awal sangat perlu agar cepat melakukan penanganan yang tepat dan Anda terhindar risiko itu.
 
Ya, hal ini karena ancaman kanker payudara sangat nyata. Menurut American Cancer Association, kemungkinan wanita terkena kanker payudara itu satu banding delapan orang atau 12 persen.
 
Sementara itu, di era milenium ini sayangnya banyak yang tidak mengetahui gejala atau tanda awal kanker. Padahal, mengetahui hal ini bisa menghindarkan Anda dari ancaman risiko. Lantas, apa saja gejala-gejala awal kanker payudara itu?
 
Di bawah ini beberapa gejala kanker payudara sekaligus jadi pengingat kembali Anda tidak termasuk dari kemungkinan risiko itu, di antaranya sebagai berikut:
 
Benjolan pada payudara
 
Menurut American Cancer Society, gejala awal yang signifikan dan sering dialami wanita ialah benjolan tidak biasa yang ditemukan pada payudara. Benjolan itu biasanya ditandai dengan rasa sakit bila dipegang atau ditekan.
 
Perubahan payudara Anda
 
Gejala yang biasanya terjadi ialah berubahnya ukuran, bentuk payudara dan puting. Di mana gejala itu awalnya ditandai dengan permukaan payudara akan berwarna merah, kemudian perlahan kulit mengerut. Bahkan dalam kasus lain, warna payudaranya berubah orange.
 
Puting mengeluarkan cairan aneh
 
Seringkali cairan yang keluar ini seperti darah, tetapi juga terkadang juga berwarna kuning kehijau-hijauan.
 
Payudara mengalami pembengkakan
 
Gejala kanker payudara juga ditandai dengan pembengkakan payudara tanpa ada benjolan, yang merupakan gejala umumnya. Bahkan, kadang-kadang salah satu payudara pembuluh darah jadi lebih terlihat. Demikian seperti dilansir Livestrong.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Alexa Key Prihatin Banyak Miras Oplosan Beredar