Miris, Piramida Suku Maya Habis Dilindas Bulldozer

|

Adhia Azkapradhani - Okezone

Bulldozer lindas piramida Suku Maya (foto: News)

Miris, Piramida Suku Maya Habis Dilindas Bulldozer
BELIZE - Sudah seharusnya warisan sejarah dilestarikan. Sungguh sayang, situs suku Maya di Belize justru dihancurkan buldoser.

Satu dari piramida terbesar dari Suku Maya telah hancur. Bukan karena termakan usia, kehancuran piramida ini sengaja dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dengan buldoser, mereka mengeruk bagian sisi hingga tengah piramida tersebut. Tujuannya, untuk memperlancar upaya pembangunan jalan.

Kejadian ini tentu saja langsung menuai protes dari berbagai kalangan. Sebenarnya, ini bukan kali pertama terjadi di Belize. Sungguh miris karena negara berpenduduk 350.000 jiwa ini sebagian besar ditutupi hutan dan dihiasi ratusan situs Maya yang megah.

“Mereka tidak mengerti dan bodoh. Rasanya seperti perut saya ditinju setelah tahu mereka menghancurkan ini demi pembangunan jalan,” kata Jaime Awe, Kepala Institut Arkeologi Belize, seperti dilansir News, Kamis (16/5/2013).

Sangat disayangkan, kejadian ini tidak dapat dicegah oleh pemerintah setempat. Akibatnya, beberapa situs suku Maya yang terkenal telah hancur. Tentu saja hal ini berpengaruh kepada sektor pariwisata Belize.

Oleh karena itu, para arkeolog mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar kejadian serupa tidak terulang. Menurut mereka, selain untuk sektor pariwisata, beberapa situs suku Maya masih digunakan untuk kegiatan penelitian.

“Kehancuran warisan suku Maya sayangnya tidak dianggap serius oleh banyak orang. Satu-satunya cara untuk menghentikannya harus dengan menunjukkan kepada orang-orang jika itu adalah kejahatan besar dan mereka dapat dipenjara karenanya,” tutur Francisco Estrada-Belii, profesor ahli arkeologi. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Farishad Latjuba Hobi ke Museum