Cuaca Ekstrim, Badan Tetap Bugar? Ikuti Saran Ini

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Emilia E. Achmadi (Foto: Qalbi/Okezone)

Cuaca Ekstrim, Badan Tetap Bugar? Ikuti Saran Ini
TIDAK bisa menyesuaikan suhu tubuh pada cuaca ekstrim belakangan ini sering membuat orang jatuh sakit. Oleh karenanya, mengetahui hal yang membuat badan terus bugar jadi kunci penting agar risiko itu tidak Anda alami.
 
Hal ini seperti dijelaskan Emilia E. Achmadi, MS, ahli gizi klinis sekaligus nutrisionis. Dia menjelaskan bahwa untuk menghindari risiko jatuh sakit karena pergantian cuaca dingin dan panas secara cepat dan konstan, salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Menurutnya, hal inilah formula melindungi tubuh Anda hingga selalu bugar di cuaca apa pun.
 
Sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia masih kurang mengetahui ini. Padahal, mengetahui hal itu membantu  melindungi tubuh dari kemungkinan jatuh sakit. Lantas, apa saja kiat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang?
 
Di bawah ini beberapa saran sekaligus pengingat agar dapat meningkatkan perhatian lebih atas kesehatan tubuh Anda, di antaranya sebagai berikut:
 
Menaikkan sistem imun dalam tubuh
 
Tidak ada cara lain untuk mengantisipasi cuaca ekstrim, selain menaikkan sistem imun. Apalagi bila Anda orang yang tergolong malas olahraga. Namun tidak usah cemas menghadapi risiko ini, sebab Anda bisa terhindar risiko itu bila asupan vitamin C dalam tubuh relatif tinggi. Di mana asupan vitamin C ini dapat Anda temukan pada susu, ikan, dan buah-buahan.
 
Untuk pemilihan buah-buahan sendiri, Mba Emil -begitu sapaan akrabnya- menganjurkan jangan membeli buah yang sudah dikupas, seperti yang sering disajikan di supermarket. Pasalnya, kandungan khasiatnya sudah minim karena sudah teroksidasi oksigen dan cahaya, ataupun ultaviolet.
 
Membawa buah kaya serat dalam tas
 
Upayakan membawa minimal satu buah yang mengandung serat di dalam tas. Pasalnya, buah itu akan menambah bahan bakar metabolisme (penyerapan nutrisi) tubuh Anda untuk tetap energik seharian penuh. Sementara mengenai buah yang bisa Anda bawa, yakni apel, pisang, anggur, dan jeruk.
 
Selalu membawa air putih dalam tas
 
Hal ini karena dehidarasi merupakan terbukanya pintu para penyakit datang. Sebaliknya, hidrasi dapat menaikan daya tahan tubuh seseorang. Membawa air putih sangat penting, karena masyarakat di kota-kota besar malas meminum air putih. Apalagi di Jakarta dengan gaya hidup dan hiruk pikuknya, kita tidak akan pernah tahu apakah di tempat yang kita kunjungi ada air putih atau tidak.
 
Memenuhi asupan protein
 
Asupan protein tubuh sangat penting meningkatkan stamina seseorang. Di mana manfaat protein pada pria membuat otot-otot seluruh tubuh tetap bekerja, meski sudah larut malam. Sedangkan pada wanita membuat tidak akan membuat lemas, khususnya kakinya yang banyak dikeluhkan. Maka upayakan dari sekarang memberikan asupan protein yang cukup oleh tubuh. Sementara itu, asupan proten ini dapat Anda dapatkan lewat buah-buahan ataupun makanan. Semua bisa variatif dan sesuai selera Anda. Namun bila ingin mendapatkan saran makanan protein yang mudah didapatkan dan murah, tahu dan tempe bisa menjadi pilihan Anda.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Mendeteksi Kanker Sendiri