Tomat dan Timun Lindungi Tubuh di Musim Pancaroba

Selasa, 4 Juni 2013 - 15:11 wib | Qalbinur Nawawi - Okezone

(foto: Guardian.co.uk)

Tomat dan Timun Lindungi Tubuh di Musim Pancaroba
Musim pancaroba sering kali membuat tubuh drop dan menyebabkan sakit. Tapi tak usah khawatir, karena dengan mengonsumsi buah dan sayur, jika membantu tubuh kuat dan terjauhkan dari sakit.  
Selain enjaga metabolisme (penyerapan nutrisi) tubuh terus berkerja, asupan kandungannya dapat melindungi Anda dari musim pancaroba. Seperti yang diketahui perubahan drastis suhu dari dingin ke panas di musim pancaroba, menuntut tubuh Anda bisa menyesuaikan suhu lebih cepat. Sehingga bila Anda tak bisa menyesuaikan, perlahan daya tahan tubuh Anda menurun, dan akhirnya jatuh sakit.
 
Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan syarat nutrisi agar dapat membentengi diri dari risiko penyakit yang datang
 
Lantas, camilan apa saja yang dapat membantu menjaga tubuh di musim pancaroba ini? Jawabannya, ialah sebagai berikut:
 
Menambahkan timun dalam menu makanan harian
 
Sayuran timun sangat baik untuk tubuh, dimana dengan kandungan silika-nya dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit. Lain itu, manfaat kandungan serat dan magnesium-nya juga dapat menghindarkan dari risiko sembelit dan sendi-sendi tubuh tak mudah kelelahan saat beraktivitas.
 
Mengonsumsi buah tomat setelah makan
 
Tomat sudah banyak diketahui banyak mengandung vitamin vital untuk tubuh, misalnya kandungan likopen dengan kandungan antioksidan, yang dapat menjaga daya tahan tubuh seorang dari cuaca tak bersahabat seperti apapun. Lain itu, sumber niasin yang dapat membantu menjaga kesehatan kesehatan jantung Anda.
 
Mengonsumsi buah pir di waktu senggang
 
Tekstur lembut dan rasa manis dari buah pir membuat buah ini serasa sempurna bila dimakan di cuaca panas. Kemudian, rasanya yang tak terlalu pekat juga memungkinkan buah pir bisa dipadupadankan dengan berbagai resep lain. Kemudian masuk ke dalam manfaatnya, buah pir ini sendiri dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan sumber vitamin C. Di samping itu, buah pir memiliki empat gram kandungan serat, dimana sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda untuk untuk membuat pencernaan Anda terus sehat.
 
Mengonsumsi jagung
 
Selain rasanya yang lezat, kandungan jagung sangat baik untuk menjaga kesehatan seseorang di musim pancaroba. Di mana dari asupan jagung semangkuk kecil memberikan 25 persen vitamin B1 yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif ( daya tangkap). Lain itu, jagung pula mengandung beta-cryptoxanthin, sebuah antioksidan yang dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker paru-paru.
(uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ingin Panjang Umur, Mandi Air Hangat!