Ayam Kampus Srikaton, Perkawinan Bali, Jawa, & Sunda

Rabu, 19 Juni 2013 - 23:16 wib | Dewi Yanti - Okezone

Ayam Kampus Srikaton, Perkawinan Bali, Jawa, & Sunda (Foto:Dewi/Okezone)

Ayam Kampus Srikaton, Perkawinan Bali, Jawa, & Sunda
YOGYAKARTA - Siapa bilang ayam kampung harus dimasak presto untuk menghasilkan daging yang lunak. Di Srikaton Restaurant, ayam kampung dimasak dengan citarasa perpaduan tiga budaya.

Menu ini merupakan sayembara tiga tahun lalu di antara para chef Srikaton dan mulai ditetapkan sebagai menu andalan Srikaton dua tahun lalu. "Ada beberapa menu yang dicoba, tapi menu ini yang paling cocok. Menu inipun tradisional Indonesia banget, pepes kan dari Sunda tapi taste-nya Bali yang disesuaikan dengan citarasa Yogyakarta dengan sedikit manis," kata I Made Witari, Executive Chef Srikaton, Jogjakarta Plaza Hotel, saat ditemui di Yogyakarta, Rabu (19/6/2013).

Pepes Ayam Kampus atau Ayam Kampung Bungkus menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan racikan bumbu Bali, yakni base genep. Base genep dalam bahasa Bali artinya bumbu lengkap, karena menggunakan semua bumbu yang sering digunakan dalam masakan Bali. Bumbu yang paling dominan, adalah kencur, jahe, sereh, kunyit, kemangi, bawang merah, dan bawang putih.

Ada dua jenis pepes ayam yang bisa Anda nikmati, yakni ayam jamur berupa ayam kukus dengan jamur dan bumbu autentik disajikan sambal sayuran segar dan nasi. Dan, ayam keprek berupa ayam kukus yang dikeprek dengan kemangi & bumbu autentik disajikan sambal, sayuran segar dan nasi.

Rasa Pepes Ayam Kampus yang gurih dan berempah tambah mantap dengan sambal khas Bali. Untuk, menyesuaikan citarasa Yogyakarta, rasa pedasnya dibuat sedikit manis. Aroma kemanginya dan rempahnya sangat menggugah selera.

Tak sabar mencicipi gurihnya Ayam Kampus? Bertandanglah ke Srikaton Restaurant di Jogjakarta Plaza Hotel di Jalan Affandi-Gejayan, Complex Colombo, Jogjakarta. Harga yang ditawarkan seporsi Ayam Kampus Rp45 ribu. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menikmati Pepes Kopyor di Hotel Bintang Lima